Tidak Ingin Mata Kering, Jangan Lakukan Hal-Hal Berikut

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan mata yang cukup sering terjadi adalah masalah mata kering. Masalah ini kerap terjadi karena mata kekurangan produksi air mata sehingga tidak akan cukup untuk menutrisi dan membasahi mata sepanjang mata. Biasanya, mata kering ini akan menimbulkan gejala mata yang gatal dan memancing kita untuk menguceknya. Jika hal ini terjadi, maka mata pun akan menjadi terasa lebih sakit atau bahkan bisa membuat kornea terluka dan mengalami infeksi serius. Adakah cara agar kita bisa mencegah masalah mata kering ini?

doktersehat-mata-merah-kurang-vitamin-C-bakteri-glaukoma-Eksoftalmus

Pakar kesehatan menyebutkan jika ada beberapa hal yang bisa membuat kita terkena masalah mata kering. Sebagai contoh, kita terbiasa membaca buku atau menatap layar komputer dalam waktu yang lama sehingga tanpa disadari, mata tidak akan cukup sering berkedip. Alhasil, mata pun akan kekurangan cairan yang menjaga kelembabannya dan mata pun menjadi terasa perih. Karena alasan inilah ada baiknya kita harus membiasakan diri mengedipkan mata saat menatap layar komputer atau membaca buku dalam waktu yang lama.

Penggunaan lensa kontak dalam waktu yang lama juga bisa membuat mata kita menjadi kering mengingat air mata tidak benar-benar menyentuh keseluruhan bagian mata. Karena alasan inilah kita sebaiknya membatasi penggunaan lensa kontak agar tidak terkena masalah mata kering. Selain itu, mata kering juga bisa disebabkan oleh adanya iritasi ringan layaknya jika terkena debu atau pasir yang akan membuat mata kita menjadi terasa perih.

Lantas, adakah cara agar kita bisa mengatasi masalah mata kering? Pakar kesehatan menyebutkan jika kita bisa memperbanyak asupan omega-3 yang membuat produksi air mata tetap melimpah sehingga kita pun akan menurunkan resiko iritasi pada mata. Selain itu, cobalah untuk menghindari beberapa hal yang beresiko memicu iritasi layaknya area yang berdebu hingga asap. Jika perlu, sering-seringlah mengistirahatkan mata, apalagi jika kita kerap menatap layar komputer dalam waktu yang lama. Gunakan pula obat tetes mata jika mata mulai terasa kering atau mulai terasa tidak nyaman.