Tidak Harus Minum Kafein, Kita Bisa Naik Turun Tangga Agar Lebih Berenergi

DokterSehat.Com – Setelah melakukan libur panjang, banyak orang yang masih merasa malas atau lesu untuk bekerja. Tak hanya karena tubuh masih lelah setelah melakukan perjalanan jauh, suasana hati yang masih terbawa situasi saat liburan juga membuat kita tidak bisa fokus dan berkonsentrasi dalam bekerja. Untuk mengatasi rasa lesu ini, banyak dari kita yang memilih untuk mengkonsumsi minuman berkafein layaknya kopi. Namun, menurut pakar kesehatan, ada cara lain yang bisa membuat kita lebih berenergi selain mengkonsumsi minuman berkafein, cara tersebut adalah dengan berjalan naik turun tangga selama 10 menit.



Peneliti dari University of Georgia, Amerika Serikat, bernama Patrick O’Connor menyebutkan bahwa kandungan kafein atau placebo (obat yang dibuat tanpa menggunakan bahan kimia dan berisi cairan garam) ternyata tidak memberikan banyak perubahan pada suasana hati dan semangat seseorang. Bahkan, andai kita mengkonsumsi kafein sebanyak 50 miligram, jumlah yang sama dengan konsumsi minuman bersoda, efek mendapatkan energi dan semangat yang lebih baik untuk melakukan berbagai aktifitas ternyata tidak sebesar yang diharapkan.

Penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Physiology and Behaviour pada tanggal 14 Maret 2017 lalu ini dilakukan untuk mengetahui apa saja masalah yang bisa terjadi di lingkungan kantor, tempat dimana pekerja kebanyakan hanya duduk dalam waktu yang lama dan menatap layar komputer tanpa melakukan gerakan fisik yang cukup. Dalam penelitian ini, O’Connor menemukan fakta menarik tentang cara meningkatkan semangat dan energi seseorang yang efektif saat bekerja, yakni dengan berjalan naik turun tangga selama 10 menit.

Tak perlu harus berlarian, kita hanya perlu berjalan dengan santai menggunakan tangga di gedung perkantoran saat jam istirahat atau saat pikiran sedang macet dan tidak bisa digunakan untuk bekerja, dan setelahnya kita akan mendapatkan energi atau semangat yang lebih baik untuk menyelesaikan pekerjaan.