Tidak Haid Setelah Melahirkan

Perkenalkan dok, nama saya Vivi. Saya tidak haid sama sekali mulai saya baru melahirkan hingga sekarang anak saya sudah berumur setahun setengah knp ya? apa KB saya tidak cocok? mohon jawabannya. terima kasih ya dokter.

Jawab



Halo Ibu Vivi, apa kabar?

Secara umum, haid merupakan proses fisiologis yang melibatkan banyak faktor seperti hormonal, psikis dan aktivitas seorang wanita. Namun untuk ibu yang baru melahirkan, tidak datangnya haid dapat disebabkan sang ibu sedang dalam masa menyusui. Namun pada keadaan ibu Vivi, saya rasa faktor menyusui bukanlah hal yang mendasari, karena cukup lama dari masa kelahiran anak dan menyusui anak.

Namun pada keadaan tertentu dapat terjadi peningkatan prolactin secara terus menerus (hormon perangsang kelenjar susu pada seorang ibu) yang dapat disebabkan oleh banyak hal, yang tentu saja dapat mengakibatkan tidak hadi pada seorang wanita.

Mungkin hal yang ibu alami dapat disebabkan oleh alat kontrasepsi (KB) yang dipilih. Biasanya alat kontrasepsi yang mengandung hormon (suntik dan pil) dapat menyebabkan hal tersebut. Namun alat kontrasepsi suntik biasanya lebih sering menyebabkan tidak datang hadi pada perempuan. Saya tidak mengetahui alat kontrasepsi apa yang sedang ibu gunakan. Ada baiknya bila hal ini ibu konsultasikan ke dokter kandungan yang sering ibu kunjungi.

Jika alat kontrasepsi yang ibu Vivi pakai tidak bermasalah, cobalah ibu cek keadaan psikis atau aktivitas yag ibu jalankan. Apakah ada gangguan yang berarti? Semoga jawaban saya dapat menjawab pertanyaan ibu. Terima Kasih

Oleh
Dr. Arief Budiman, S.Ked
Team DokterSehat.com