Tidak Disangka, Ternyata Tidur Tanpa Bantal Berakibat Ini

DokterSehat.Com – Kebanyakan orang mengaku sulit untuk tidur dengan nyenyak jika tidak memakai bantal. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan kita sejak kecil yang tidur dengan penyangga kepala dan leher ini. Memang, dengan memakai bantal, kepala dan leher kita akan ditopang oleh permukaan yang lebih empuk sehingga akan membuat tubuh menjadi terasa jauh lebih nyaman untuk tidur. Namun, pakar kesehatan menyebutkan bahwa sebenarnya tidur tanpa menggunakan bantal malah menawarkan manfaat kesehatan yang jauh lebih baik. Berikut beberapa manfaat yang kita rasakan jika kita tidur tanpa bantal.

doktersehat-seks-wanita-tidur

1. Baik untuk postur tulang belakang
Tanpa menggunakan bantal, kita justru bisa tidur dengan posisi tubuh yang alami. Hal ini akan membuat tulang belakang menjadi lebih rileks dan mengembalikan postur tulang belakang kita kembali ke posisi yang benar.

2. Mencegah nyeri leher
Banyak orang suka memakai bantal yang tinggi dengan harapan bisa membuat kepala terasa lebih nyaman saat tidur. Padahal, menggunakan bantal yang terlalu tinggi bisa membuat leher menjadi lebih tegang sehingga kita pun akan lebih beresiko mengalami rasa nyeri atau kaku pada leher setelah bangun tidur. Dengan tidur tanpa memakai bantal, kita justru menurunkan resiko terkena masalah sakit leher dengan lebih baik.

3. Membuat tidur menjadi lebih nyenyak
Tidur tanpa menggunakan bantal akan membuat tubuh berada dalam posisi rileks secara alami. Hal ini ternyata bisa berimbas pada tidur yang jauh lebih nyenyak dan berkualitas.

Jika kita langsung mengubah kebiasaan tidur tanpa bantal maka kita akan kesulitan untuk tidur dengan nyenyak. Oleh karena itu, sebaiknya perubahan ini dilakukan secara perlahan. Dimulai dengan memakai bantal yang tipis terlebih dahulu sebelum kita mencoba untuk tidak menggunakan bantal sama sekali. Dengan melakukan hal ini, kita akan mendapatkan tidur yang jauh lebih berkualitas dan tubuh yang lebih sehat.