Thalasemia Menyebabkan Pengeroposan Tulang?

DokterSehat.Com – Sampai sata ini 40-50% penyandang thalassemia mayor mengalami gangguan pengeroposan tulang atau osteoporosis, apa saja yang menyebabkannya?



• Komplikasi endokrin
Gangguna pada kelenjar-kelenjar hormonal seperti hipo tiroidisme, hipoparatiroidisme, diabetes mellitus. Terutama hipogonadisme yang menyebabkan pubertas yang tertunda, dianggap sebagai penyebab utama osteopenia atau osteoporosis di thalassemia mayor. Juga adanya hemosiderosis sel gonadotrophic hipofisis dan deposisi besi ditestis dan ovarium yang terlibat dalam pathogenesis hipogonadisme di thalassemia mayor.

• Kelebihan zat besi
Diposisi zat besi di tulang merusak pematangan osteoid dan menghambat mineralisasi local, sehingga terjadi gangguan pertembuhan tulang. Desferioksamin (desferal) yang berlebihan juga menghambat sintesis DNA, osteoblast, dan proliferasi fibroblast, osteoblast precursor diferensiasi, dan pembentukan kolagen, yang bisa meningkatkan osteoblast apoptosis, terutama pada pasien yang menerima dosis desferioksamin yang tidak tepat (dosisnya terlalu tinggi).

• Ekspansi sumsum tulang
Ini merupakan dampak yang khas pada pasien dengan thalassemia mayor yang kurang tertangani dengan baik, diangap sebagai penyebab utama kerusakan tulang.

• Kekurangan vitamin
Sepertinya kekurangan vitamin D dan Vitamin C

• Kekurangan aktivitas fisik
Banyak thaller mayor sengaja mengurangi aktivitas fisik karena komplikasi penyakit yang dideritanya dan over protection dari prang tuanya, hal ini tidak mendorong aktivitas otot, predisposisi untuk osteoporosis. Faktor-faktor ini dapat menyebabkan kerusakan tulang pada pasien thalassemia dengan menningkatkan fungsi osteoklas dan atau mengurangi aktivitas osteoblast.