Tetap Sehat Meskipun Menikmati Banyak Santapan Khas Imlek

DokterSehat.Com – Sudah bukan rahasia lagi jika perayaan tahun baru China atau yang kerap disebut sebagai imlek akan membuat kita menemui beragam makanan khas yang tentu akan tidak bisa dilewatkan. Saat imlek, anggota keluarga yang sebelumnya tersebar di berbagai tempat akan berkumpul dan menghabiskan malam tahun baru Cina bersama dengan berbagai jamuan yang lezat. Tahukah anda, pakar kesehatan berkata jika perayaan pada hari raya Imlek bisa membuat tubuh kita mengalami kenaikan berat badan secara drastis. Bahkan, banyak orang yang mengaku berat badannya naik hingga setengah atau satu kilogram setelah merayakan imlek. Kita tentu harus mampu membatasi diri agar tidak mengkonsumsi berbagai makanan lezat khas Imlek dengan tidak terkontrol. Berikut adalah beberapa cara untuk merayakan Imlek dengan lebih sehat.

4379942653_ed505bd849_b

Tak perlu ragu mengkonsumsi makanan yang cenderung sehat layaknya sayur-sayuran saat perayaan Imlek. Sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral tentu akan sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu, jika terdapat nasi merah atau roti gandum dalam perayaan Imlek, maka kita juga tidak perlu ragu mengkonsumsinya mengingat kedua jenis makanan ini memiliki kandungan serat yang sangat baik bagi saluran pencernaan. Selain itu, pilihlah makanan yang dimasak dengan cara yang sehat layaknya makanan yang dikukus, direbus, atau dipanggang.

Perayaan imlek tentu akan kurang lengkap tanpa adanya masakan daging-dagingan yang lezat dan menggoda. Tapi, tunggu dulu, alih-alih memilih daging sapi atau daging babi yang kaya akan kandungan lemak dan kolesterol, ada baiknya kita memilih bahan daging dari ikan atau produk laut lainnya. Selain itu, cobalah untuk mengkonsumsi air putih saja alih-alih mengkonsumsi minuman yang manis-manis. Jika kita ingin mencoba berbagai macam makanan khas Imlek, pastikan bahwa kita mengambil setiap makanan dengan porsi yang kecil saja sehingga kita akan terhindar dari masalah kekenyangan. Selain itu, cobalah sebisa mungkin menghindari minuman beralkohol yang tentu sangat tidak baik bagi tubuh.

Baca Juga:  Mengenal Obat Pembakar Lemak, Doping Yang Dipakai Pesepakbola Liverpool, Mamadou Sakho

Ingat bahwa esensi dari perayaan tahun baru Imlek adalah untuk berkumpul dengan keluarga, bukan hanya dengan mencicipi berbagai makanan khas Imlek yang lezat. Dengan tetap menjaga tubuh dengan sehat, kita tentu akan memiliki kesempatan lebih besar menikmati perayaan tahun baru Imlek berikutnya dengan kondisi tubuh yang tetap sehat, bugar, dan prima.