Tetap Mandi atau Tidak Saat Terkena Demam?

DokterSehat.Com– Saat terkena demam, tubuh akan mengalami kenaikan suhu dan membuat kita merasa menggigil. Karena kondisi badan yang sangat tidak enak ini, cukup banyak orang yang memilih untuk tidak mandi karena berpikir jika hal ini bisa membuat demam menjadi semakin parah. Sebenarnya, apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-wanita-sakit-flu-fever-demam-masuk-angin-masker

Pakar kesehatan dr. Hepi Novlina yang berasal dari Puskesmas Babadan di Indramayu menyebutkan bahwa sebenarnya tidak masalah jika kita mandi saat sedang demam. Sebagaimana diketahui, kita memang sangat disarankan mandi secara rutin setiap hari agar badan menjadi lebih bersih dari berbagai kotoran dan kuman. Menurut dr. Hepi, mandi tidak akan memberikan pengaruh besar bagi sakit demam yang sedang diderita.

Hanya saja, ada baiknya mereka yang sedang demam tidak mandi dengan air dingin karena bisa membuat tubuh menjadi semakin menggigil. Dr. Hepi sendiri menyarankan kita untuk mandi dengan air hangat atau yang memiliki suhu yang sesuai dengan suhu tubuh sehingga tubuh akan tetap terasa nyaman setelah mandi.

Sebuah pertanyaan lain pun muncul, bagaimana jika penderita demam merasa tubuhnya sangat lemas sehingga memilih untuk tidak mandi dan hanya menyeka tubuhnya saja dengan lap yang sudah dibasahi air? Dr. Hepi menyebutkan jika hal ini juga tidak apa-apa untuk dilakukan. Hanya saja, sebagian orang ternyata merasa tubuhnya masih lengket dan tidak benar-benar bersih setelah diseka dengan kain ini sehingga akhirnya tidak bisa beristirahat dengan nyaman.

Saat demam, terkadang tubuh mengeluarkan banyak keringat hingga membuat pakaian basah. Jika hal ini terjadi, ada baiknya kita segera mengganti pakaian sebelum pakaian menjadi lembab. Jika demam sudah turun, pastikan untuk selalu menggunakan pakaian kering karena jika kita memakai pakaian yang lembab karena keringat tersebut, bisa jadi suhu tubuh akan naik kembali.