Tetap Cantik dan Bugar Selama Masa Kehamilan

DokterSehat.com– Kabar kehamilan bagi seorang perempuan yang telah menikah merupakan kebahagiaan yang sangat ditunggu, begitu pula untuk sang suami. Kehamilan merupakan masa indah yang akan dinikmati. Namun sebagian besar wanita merasa takut pada kehamilan bukan hanya karena perubahan hormonal atau kemungkinan adanya komplikasi serta rasa sakit yang akan ditimbulkan saat persalinan. Namun kebanyakan perempuan menjadi tidak kurang percaya diri akan penampilannya nanti setelah berat badan naik, perut menjadi buncit, dan perubahan pada kulit. Karena itulah membangun citra diri yang positif, serta rasa percaya diri selama masa kehamilan akan membuat perempuan memiliki kehamilan yang sehat dan menyenangkan.



Pada masa kehamilan ini tunjukkan sisi feminitas atau keibuan yang dimiliki. Dengan tampil cantik dan modis, agar tetap terlihat bugar. Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kebugaran tubuh pada masa kehamilan.

Berolahraga

Melakukan olahraga selama dua kali seminggu sangat baik di masa kehamilan. Olahraga yang biasa dilakukan adalah berjalan, berenang, yoga, dan senam. Olahraga tersebut mudah dilakukan, sedangkan olahraga berat sangat tidak dianjurkan, apalagi pada masa kehamilan yang sudah berumur. Selain itu perbanyaklah minum air putih saat berolahraga. Hal ini akan membuat tubuh kembali fresh, dan kulit tetap akan terhidrasi. Satu hal yang terpenting adalah harus berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan aktivitas fisik yang berat.

Pilihlah pakaian ibu hamil yang akan membuat Anda terlihat cantik

Sebagian ibu hamil mengenakan pakaian dengan ukuran sangat besar dengan model yang kuno. Namun alangkah baiknya jika Anda lebih memilih pakaian yang nyaman dan cantik dilihat. Tambahkan pula beberapa aksesoris seperti perhiasan atau tas andalan untuk melengkapi penampilan Anda. Gunakan pula sepatu yang sesuai, misalnya flat shoes, namun hindari menggunakan stiletto, kecuali pada acara tertentu atau formal, dan tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga:  Bayi Lahir Dengan Kondisi Kuning, Jangan Panik

Makan dengan diet seimbang

Perbanyak makan buah dan sayuran untuk menu diet sehat anda. Vitamin dan mineral dari buah dan sayur merupakan asupan yang dibutuhkan oleh tubuh ketika hamil. Jauhi makanan yang berlemak, dan pilihlah daging tanpa mengandung lemak. Kurangi konsumsi minuman yang mengadung kafein, yang dapat meempengaruhi jam istirahat dan tidur Anda. Kafein juga memiliki efek yang tidak bagus untuk bayi dalam kandungan.

Memanfaatkan gaya rambut yang Anda miliki

Perubahan hormon yang terjadi pada masa kehamilan akan membuat rambut menjadi lebih bagus, berkilau, dan tebal. Untuk menatanya Anda bisa pergi ke salon, biarkan penata rambut memilihkan gaya yang paling sesuai.

Tetap pakailah kosmetik dan produk-produk kecantikan

Kehamilan akan membatasi Anda menggunakan kosmetik berbahan kimia yang bisa berpengaruh pada bayi. Namun Anda tetap dapat menggunakan kosmetik yang aman untuk ibu hamil. Anda bisa menggunakan bedak mineral yang sesuai dengan warna kulit. Bubuhkan pula eyeshadow yang membuta mata sedikit menonjol. Untuk menambahkan rona pipi pakailah blush on, yang akan memberikan kesan natural pada riasan Anda.

Sikap pun sangat penting untuk membuat anda tetap terlihat cantik

Percaya dan yakinkan pada diri Anda, bahwa diri Anda terlihat cantik dan selalu cantik.