Tetanus – Pencegahan (lanjutan)

Dapatkan suntikan tetanus sesegera mungkin jika Anda memiliki luka kotor dan 5 tahun atau lebih telah berlalu sejak suntikan tetanus terakhir Anda. Beberapa orang mungkin perlu tetanus immunoglobulin (TIG) untuk luka yang berisiko tinggi untuk tetanus. Immunoglobulin yang biasanya hanya diperlukan jika Anda belum (atau tidak tahu apakah Anda pernah) mendapatkan suntikan kekebalan tetanus.

doktersehat-tetanus-karat-besi

Ada bukti bahwa imunisasi tetanus tetap sangat efektif untuk lebih dari 10 tahun.

Bila Anda memiliki luka, asalkan merusak kulit, sangat mungkin untuk mengembangkan tetanus. Kebanyakan dokter merekomendasikan hal berikut jika Anda telah menerima imunisasi primer (aktif) di masa lalu. Jika luka bersih dan Anda belum memiliki booster tetanus dalam 10 tahun terakhir, dianjurkan bahwa Anda menerima satu suntikan. Jika luka kotor atau rawan terkena tetanus, maka dokter mungkin akan merekomendasikan booster tetanus jika Anda belum memiliki booster tetanus dalam lima tahun terakhir.

Luka tetanus rawan adalah luka yang lebih dalam atau terkontaminasi dengan kotoran atau tanah. Jika Anda tidak yakin tentang ketika menerima suntikan tetanus terakhir, aman jika Anda menerima suntikan saja. Anda mungkin mengalami peningkatan kemerahan dan nyeri di tempat suntikan.

Jika Anda belum pernah menerima imunisasi dasar ketika masih anak-anak dan Anda memiliki luka terbuka, dokter mungkin akan memberikan dosis vaksin pertama pada saat perawatan luka Anda serta dosis tunggal dari imunoglobulin khusus dengan aktivitas tinggi terhadap tetanus. Anda harus mengunjungi dokter dalam empat minggu dan dalam enam bulan lagi untuk menyelesaikan seri vaksinasi primer.

Metode penting kedua untuk mencegah tetanus membersihkan luka seteliti mungkin. Mencuci luka dengan banyak air bersih dan sabun, mencoba untuk mengambil kotoran dan partikel dari luka, tidak hanya untuk mencegah tetanus, tetapi juga untuk mencegah infeksi bakteri lainnya.