Tetanus – Penyebab dan Gejala

tetanus-doktersehat

Tetanus adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani, yang sering ditemukan pada tanah, air liur, debu, dan kotoran hewan. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh melalui luka terbuka yang disebabkan oleh objek yang terkontaminasi. Bakteri tetanus tadi akan membuat racun yang menyebabkan kejang otot yang parah.

Tetanus bisa sangat berbahaya, tapi Anda bisa mendapatkan suntikan untuk mencegahnya. Tetanus juga disebut lockjaw (rahang yang terkunci) karena kejang otot di rahang membuat sulit untuk membuka mulut. Tetanus juga menyebabkan kejang dan membuat Anda sulit untuk menelan atau bernapas.

Orang-orang yang belum pernah diimunisasi atau belum memiliki booster (tambahan imunisasi) dalam 10 tahun terakhir lebih mungkin untuk mendapatkan tetanus.

Penyebab Tetanus

Bakteri yang menyebabkan tetanus disebut Clostridium tetani. Bakteri ini biasanya ditemukan dalam kotoran atau tanah, dan paling sering di daerah dengan kotoran hewan seperti pertanian dan peternakan. Bakteri ini biasanya masuk ke tubuh melalui luka atau bagian tubuh yang terbuka. Mereka juga dapat masuk ke dalam tubuh melalui suntikan yang kotor, seperti ketika seseorang menyuntikkan obat-obatan terlarang.

Bakteri tumbuh dengan baik di area yang sedikit oksigen. Saat luka terjadi di area yang lebih dalam dan sempit, kadar oksigen disekitarnya akan berkurang sehingga menyebabkan tetanus lebih mungkin terjadi. Misalnya, bakteri dapat berkembang dalam luka tusukan dari kuku kotor. Semakin kotor luka, semakin tinggi risiko terkena tetanus. Meski begitu, tetanus juga bisa tumbuh di luka yang bersih. Untuk diketahui, tetanus tidak menular, sehingga Anda tidak bisa mendapatkannya dari seseorang yang terkena tetanus.

Gejala Tetanus

Gejala tetanus muncul perlahan dan semakin memburuk dari waktu ke waktu. Waktu yang diperlukan untuk gejala muncul setelah terluka berkisar dari beberapa hari hingga beberapa bulan. Dalam kebanyakan kasus, gejala tetanus muncul dalam waktu 14 hari.

Gejala tetanus sering dimulai dengan sakit kepala dan kesulitan membuka mulut Anda (kejang mulut). Anda juga mungkin mengalami kesulitan menelan atau leher kaku, kaku punggung, dan bahu.

Ketika racun sudah menyebar, maka hal itu dapat mematikan, menyebabkan masalah pada tekanan darah dan denyut jantung,  menyebabkan kejang otot yang parah dan menyakitkan di leher, lengan, kaki, dan perut. Jika kejang terus terjadi dan semakin buruk, kejang mampu mematahkan tulang, termasuk tulang belakang.

Tetanus – Halaman Selanjutnya: 1 2 3