Perencanaan Kehamilan – Tes Kehamilan, Kalender, dan Kalkulator Kehamilan

DokterSehat.Com– Kalender atau kalkulator kehamilan dapat memungkinkan wanita hamil untuk memahami apa yang terjadi pada tubuhnya dan juga perkembangan embrio atau janin pada setiap tahap kehamilan. Kebanyakan kalender kehamilan menjelaskan perubahan kehamilan pada tingkat minggu-ke-minggu dan dapat ditemukan secara online atau dalam bentuk cetakan. Dalam banyak kasus, kalender kehamilan berisi foto atau diagram untuk menggambarkan penampilan janin pada setiap tahap. Sebuah kalkulator kehamilan juga dapat digunakan untuk membantu seorang wanita menentukan tanggal jatuh tempo hari persalinannya.

doktesehat-tes-kehamilan-test-pack

Tingkat kepercayaan untuk tes kehamilan
Tes kehamilan di rumah, pertama kali diperkenalkan pada tahun 1975, sangat akurat dan dapat diandalkan bila digunakan dengan benar. Tes ini mengukur keberadaan hormon human chorionic gonadotropin (hCG) dalam urine, yang, ketika hadir, merupakan indikasi kehamilan. Hormon yang sama diukur dalam tes darah dan urin kehamilan yang tersedia di klinik dan kantor dokter. Saat ini, tes darah adalah tes kehamilan yang paling spesifik dan sensitif yang tersedia, meskipun tes urine telah menjadi semakin sensitif. Misalnya, tes urin di rumah untuk tes kehamilan mungkin dapat mendeteksi hormon kehamilan pada 8 sampai 9 hari setelah pembuahan, atau beberapa hari setelah terlambatnya menstruasi.

Sementara banyak produsen mengklaim bahwa tes kehamilan di rumah mereka 99% akurat, sejumlah faktor yang mempengaruhi keakuratan kit ini. Penelitian telah menunjukkan bahwa hasil negatif palsu dapat terjadi ketika tingkat yang sangat rendah dari hormon kehamilan yang hadir, dan bahwa tes kit rumah dari berbagai produsen berbeda dalam sensitivitas mereka untuk mendeteksi tingkat yang sangat rendah dari hormon kehamilan pada masa awal kehamilan. Jika seorang wanita menjalani tes kehamilan di rumah terlalu cepat, hasilnya mungkin negatif meskipun dia pada tahap pertama kehamilan. Sebuah tes ulang umumnya harus dilakukan seminggu kemudian jika tes rumah negatif dan seorang wanita mencurigai bahwa ia mungkin hamil.