Emfisema – Tes Emfisema

Ketika dokter mencurigai Anda memiliki emfisema berdasarkan keluhan Anda, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Dokter akan memberikan mengamati bagaimana Anda bernapas, suara napas Anda, suara jantung, dan penampilan fisik Anda secara umum. Sejumlah tes dapat disarankan untuk dilakukan di klinik atau di rumah sakit. Tes ini berfungsi untuk memperjelas sejauh mana penyakit, fungsi paru-paru yang tersisa, dan adanya infeksi paru-paru.

doktersehat-konsultasi-paru-doter-kanker-rokok-nyeri-dada-Pneumonia-Atipik

  • Pemeriksaan rontgen sinar-X dada membantu dokter untuk mengidentifikasi perubahan paru-paru yang mungkin menunjukkan emfisema. Pemeriksaan rontgen juga bisa menunjukkan adanya infeksi atau massa di paru-paru (seperti tumor) yang bisa menjelaskan gejala Anda. Sesak napas memiliki banyak penyebab. Pemeriksaan rontgen dianggap oleh kebanyakan dokter menjadi tes tercepat dan termudah untuk mulai memisahkan kemungkinan penyebab yang berbeda dan merumuskan diagnosis.
  • Tes fungsi paru-paru dapat memberikan dokter informasi spesifik tentang bagaimana paru-paru bekerja secara mekanis. Tes ini dilakukan dengan cara Anda bernapas ke dalam tabung yang terhubung ke komputer atau perangkat monitoring lainnya, yang dapat merekam informasi yang diperlukan. Tes mengukur berapa banyak udara yang ada di paru-paru Anda, seberapa cepat paru-paru Anda dapat membuang udara selama ekspirasi, dan berapa banyak kapasitas cadangan paru-paru Anda yang dapat dicapai, seperti saat berolahraga.
  • Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan defisiensi enzim alfa-1-antitrypsin, dokter dapat memerintahkan melakukan tes darah untuk mengevaluasi penyakit genetik ini.
  • Tes darah juga dapat digunakan untuk memeriksa jumlah sel darah putih, yang kadang-kadang dapat mengindikasikan infeksi akut. Informasi ini dapat digunakan bersamaan dengan pemeriksaan rontgen dada untuk mengevaluasi pneumonia, bronkitis, atau infeksi pernapasan lainnya yang dapat membuat emfisema semakin memburuk.
  • Pemeriksaan darah lain yang mungkin membantu, terutama di rumah sakit, disebut pemeriksaan gas darah arteri. Tes ini membantu dokter menentukan berapa banyak oksigen dan karbon dioksida dalam darah Anda.