Terus Berolahraga Dengan Keras dan Makan Sedikit Bukanlah Diet yang Sehat

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika olahraga adalah salah satu cara untuk membuat tubuh kita tetap sehat. Bahkan, jika kita rutin melakukan aktifitas fisik, maka kita bisa membakar kalori lebih banyak sehingga bisa menjaga berat badan tetap ideal atau bahkan membuat tubuh kita menjadi lebih langsing. Sayangnya, banyak orang yang salah mengartikan hal ini sehingga akhirnya terus melakukan olahraga dengan keras sekaligus menurunkan porsi atau frekuensi makan dengan drastis hanya demi menurunkan berat badan.Padahal, bukannya membuat badan menjadi lebih langsing, hal ini justru akan membuat kita jatuh sakit.

doktersehat-diet-anoreksia

Menurut pakar kesehatan, kini semakin banyak wanita yang mengalami female athlete triad syndrome, sebuah kondisi yang membuat kaum hawa terus berolahraga namun hanya mengkonsumsi makanan dengan sangat sedikit. Dalam dunia medis, female athlete triad syndrome ini bisa menyebabkan tiga gejala kesehatan yang tidak bisa disepelekan, yakni ketidakteraturan siklus haid, energi yang terus menurun, hingga menurunnya kepadatan tulang.

Pakar bedah ortopedi yang berasal dari Brigham and Women’s Hospital di Boston bernama dr. Elizabeth Matzkin menyebutkan jika demi obsesi mendapatkan tubuh yang langsing, banyak wanita yang melakukan hal ini dan justru mengalami masalah kesehatan tersebut. Menurut dr. Matzkin, jika wanita melakukan olahraga setidaknya satu jam dalam sehari, maka Ia membutuhkan 3.500 kalori sebagai sumber energi saat melakukan olahraga dan aktifitas lainnya. Andai kebutuhan kalori ini tidak dipenuhi, maka gejala kesehatan seperti yang sudah disebutkan di atas pun bisa muncul. Padahal, jika wanita muda mulai mengalami masalah kepadatan tulang semenjak 25 tahun, maka dikhawatirkan Ia bisa mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita mulai menerapkan gaya hidup sehat dengan berolahraga secara rutin namun tidak berlebihan, dan tetap menjaga pola makan yang sehat dengan kadar gizi yang seimbang. Dengan melakukannya, tubuh akan tetap langsing dan kita akan mendapatkan manfaat terbaik bagi olahraga tanpa perlu jatuh sakit.