Terus Bekerja Hingga Lembur 18 Jam, Dokter ini Meninggal Dunia

DokterSehat.Com– Siapa bilang menjadi dokter adalah salah satu profesi paling enak dan menyenangkan bagi manusia? Dalam realitanya, menjadi dokter bisa mengharuskan seseorang bekerja dalam waktu yang sangat lama. Inilah yang terjadi pada seorang dokter perempuan dari Tiongkok bernama Zhao Bianxing. Terus bekerja hingga 18 jam tanpa henti di rumah sakit sejak 28 Desember 2017, Ia jatuh pingsan dan akhirnya meninggal dunia di usia 43 tahun.

dokter-meninggal-karena-lembur-doktersehat

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa bekerja dengan berlebihan memang bisa membahayakan fisik dan psikis kita. Bagi sebagian orang, hal ini bisa memicu stress berat yang bisa berimbas pada semakin rusaknya organ-organ tubuh. Khusus untuk kasus yang dialami oleh Zhao, Ia mengalami pendarahan subarachnois, semacam stroke yang disebabkan oleh pecahnya anuerisma.

dr Zhao Binxing

Sang dokter memang dikenal sebagai orang yang berdedikasi tinggi dalam menjaga kondisi kesehatan para pasiennya sehingga terus bekerja meski jam kerjanya sebenarnya sudah usai. Ia terus memeriksa kondisi pasien dirumah sakit tersebut hingga akhirnya kelelahan dan jatuh pingsan. Yang lebih tragis adalah, Ia pingsan persis setelah bertanya “Bagaimana kondisi ibumu?” pada salah seorang putri pasien yang Ia rawat. Rekan-rekannya di rumah sakit sudah berusaha keras untuk menyelamatkannya. Namun, setelah 20 jam melakukan berbagai macam upaya penyelamatan, Zhao akhirnya menghembuskan nafasnya yang terakhir.

Rekan-rekan Zhao menganggapnya sebagai dokter spesialis pernafasan terbaik di rumah sakit tersebut dan tidak pernah mengeluh jika ada orang yang meminta bantuan padanya. Yang ironis adalah, Zhao sempat mengingatkan rekan-rekannya untuk beristirahat dengan baik karena di musim dingin ini kasus masalah pernafasan meningkat dengan signifikan di Tiongkok sehingga membuat mereka sangat sibuk di rumah sakit. Sayangnya, Ia sendiri justru tidak memperhatikan waktu istirahatnya sehingga akhirnya meninggal dunia.