Tertawa: Rahasia Jantung Sehat

DokterSehat.com – Anda ingin tahu rahasia jantung sehat yang murah meriah? Untuk menjaga kondisi jantung tetap fit dan stabil, Anda tak memerlukan asupan suplemen penguat jantung berbiaya mahal. Percayakan Anda jika ada seorang dokter yang menuliskan resep rahasia jantung sehat dengan tertawa 1 x 15 menit dalam sehari? Kegiatan tertawa yang dilakukan dalam porsi tidak berlebihan serta dilakukan secara rutin dapat melindungi organ jantung dari serangan penyakit membahayakan.



Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Maryland Medical Center, melibatkan 20 responden orang dewasa sehat. Kedua puluh responden diminta untuk menikmati tayangan film dengan genre yang berbeda. Film yang pertama adalah film komedi, sementara film kedua adalah film peperangan. Pada saat responden menikmati tayangan kedua film tersebut, tim peneliti melakukan pemantauan terhadap sistem fungsi arteri para responden. Setelah menyaksikan adegan dalam film komedi, pembuluh darah para responden mengalami pelebaran sebsar 22%, sementara seusai menikmati tayangan film peperangan, pembuluh darah para responden mengalami penyempitan sebanyak 35%.

Pelebaran pembuluh darah dapat membantu aliran darah mengalir dengan lancar tanpa adanya gangguan rasa nyeri yang kerap mengakibatkan kontraksi pada area arteri dan jantung. Pelebaran pembuluh darah juga terjadi pada saat seseorang berlatih aerobik. Tidak diragukan lagi bahwa kegiatan sesederhana tertawa ternyata memiliki manfaat yang sama dengan latihan aerobik dalam menjaga kesehatan jantung,

Dari hasil riset tersebut dipaparkan bahwa tertawa dapat memicu lepasnya oksida nitrat, yaitu semacam senyawa yang dapat membantu rileksasi sel darah. Senyawa oksida nitrat yang dikeluarkan melalui kegiatan tertawa juga mampu melepaskan hormon endorphin, yakni hormon yang bertugas melakukan perbaikan pada pembuluh darah.

Baca Juga:  Manfaat Ion Negatif Untuk Kesehatan

Ayo sediakan waktu ± 15 menit perhari untuk benar-benar menikmati gelak tawa!