Aneh, Wanita Ini Tertawa Saat Melihat Orang Lain Digelitiki

doktersehat-tertawa

DokterSehat.Com– Salah satu hal yang membuat kita tertawa adalah saat digelitiki orang lain. Namun, para peneliti yang berasal dari University of California, San Diego, Amerika Serikat, justru mengungkap sebuah fakta aneh tentang seorang wanita yang bisa tertawa hingga terpingkal-pingkal hanya dengan melihat orang lain digelitiki. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Dilansir dari Oddity Central, wanita yang hanya disebut dengan inisial TC ini mencari pertolongan dokter karena kesulitan menahan tawanya jika sampai melihat orang lain digelitiki. Ia bisa merasakan sensai digelitiki pada kulitnya dan akan terus tertawa layaknya dirinya sendiri yang sedang digelitiki.

Dokter pun kemudian mendiagnosisnya terkena kondisi yang sangat langka bernama mirror-touch synaesthesia. Kondisi ini disebabkan oleh gangguan pada mirror neuron yang membuatnya bisa merasakan sensasi sebagaimana yang orang lain rasakan hanya dengan melihatnya.

Para peneliti kemudian mengecek kondisi kesehatannya dengan lebih lanjut. Ia diminta untuk melihat orang lain memegang es batu di tangan hingga mengecek selera humornya dengan meminta video lucu. Hasilnya adalah, selera humor TC dianggap normal, namun, khusus saat melihat orang lain digelitiki, TC tak mampu menahan tawanya yang terpingkal-pingkal.

Efek geli yang dirasakan TC bahkan bisa semakin parah jika ia melihat raut muka orang yang sedang digelitiki. Jika yang digelitiki adalah orang yang dikenalnya, efek tertawa yang dialami oleh TC bahkan jauh lebih ekstrem dari sebelumnya.

Setelah dicek kondisi otaknya, para peneliti pun menyimpulkan bahwa kondisi mirror neuron dalam otak TC memang bertindak dengan cara yang berbeda jika dibandingkan dengan yang dialami oleh orang-orang biasanya.

Menurut para peneliti, kondisi yang dialami oleh TC hanya terjadi pada 1,6 hingga 2,5 persen orang di seluruh dunia. Sayangnya, apa yang dialami oleh TC sepertinya memang sangat ekstrem jika dibandingkan oleh pengidap kondisi ini lainnya.