Terserang Multiple Sclerosis? Jaga Kesehatan Tulang Dengan Ini

DokterSehat.Com – Multiple sclerosis (ms) adalah penyakit seumur hidup yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh untuk menyerang myelin (zat lemak) yang mengelilingi dan melindungi saraf anda, sebagai selubung mielin rusak menjadi bekas luka, sinyal saraf dari otak dan sumsum tulang belakang dapat terdistorsi atau putus.

10

Gejala ms tergantung pada dimana serangan ini terjadi, kondisi ini dapat mempengaruhi otak anda, sumsum tulang belakang, dan mata (saaraf optik). Kabar baiknya dalah bahwa dengan perawatan yang tersedia saat ini, sebagian besar orang dengan ms tidak manjdai cacat berat dan memiliki harapan hidup normal.

Meski memang penyakit multiple sclerosis ini menyerang sistem syaraf otak, namun ternyata juga memiliki dampak terhadap kesehatan bagian tubuh lain, yaitu tulang. Jika Anda terserang multiple sclerosis, Anda memiliki potensi meningkatkan risiko osteoporosis dan berbagai macam penyakit tulang lain.

Penyakit multiple sclerosis ini bisa membuat Anda kehilangan keseimbangan dan mengalami kelumpuhan koordinasi otot serta membuat Anda mudah lelah sehingga membuat Anda sulit melakukan berbagai macam aktivitas. Dengan ini, jika Anda terkena osteoporosis, keadaan menjadi lebih parah.

Anda harus menjaga kesehatan tulang dengan mengonsumsi beberapa nutrisi berikut ini :

  1. Vitamin D
    Memeriksakan keadaan dan level vitamin D dalam tubuh Anda adalah hal yang penting dilakukan. Vitamin D merupakan salah satu unsur pendukung tulang karena membantu penyerapan kalsium untuk tulang dan memperkuat otot. Jika Anda terserang MS, maka segera periksakan level vitamin D.
  1. Menjaga berat badan
    Memeriksakan keadaan dan level vitamin D dalam tubuh Anda adalah hal yang penting dilakukan. Vitamin D merupakan salah satu unsur pendukung tulang karena membantu penyerapan kalsium untuk tulang dan memperkuat otot. Jika Anda terserang MS, maka segera periksakan level vitamin D. Olahraga seperti jogging, berjalan santai, atau menaiki tangga akan melatih kekuatan otot, tulang dan tubuh secara bersamaan serta mampu membantu penurunan berat badan. Tentu saja akan sulit melakukan olahraga sendiri, namun biasanya akan ada terapi untuk membiasakan diri segera setelah Anda terserang MS.
  1. Ketahui pengaruh steroid
    Jika Anda mengalami kejang, maka dokter mungkin akan meresepkan obat steroid untuk membantu meringankan gejala. Namun obat ini bisa sangat buruk untuk tulang karena bisa menghambat metabolisme kalsium dan vitamin D yang dibutuhkan tulang. Jika obat steroid menghambat dua bahan yang dibutuhkan tulang tersebut, Anda bisa berisiko keropos tulang. Namun jangan memutuskan sendiri untuk tidak mengonsumsi obat yang telah diresepkan dokter, Ladies. Anda harus menanyakan apakah itu cukup aman dikonsumsi, berapa lama Anda harus mengonsumsi obat tersebut dan perlukan Anda minum suplemen vitamin D untuk mencegah efek pada tulang.