Tersedak Tidak Boleh Disepelekan Begitu Saja

DokterSehat.Com – Beberapa hari terakhir kita dikejutkan dengan adanya peristiwa dimana ada seseorang yang meninggal dunia karena tersedak saat mengikuti perlombaan makan cepat di salah satu gerai makanan cepat saji. Meskipun terlihat konyol dan sepele, tersedak ternyata memang sama sekali tidak bisa disepelekan dan sudah cukup banyak menyebabkan kematian di berbagai belahan dunia. Seringkali kita menganggap tersedak sebagai hal yang biasa saja dan makanan yang menyumbat saluran pernafasan akan segera keluar dengan sendirinya. Sayangnya, anggapan ini tidak selalu benar adanya.

shutterstock_101679598.jpg copy

Makanan yang memasuki saluran pernafasan tentu akan membuat pernafasan kita menjadi terganggu. Biasanya tersedak akan dimulai dengan batuk-batuk sebagai respon pertama saluran pernafasan yang berusaha mengeluarkan benda asing dari salurannya. Jika benda asing ini tak segera keluar, nafas bisa benar-benar terhambat dan wajah pun akan mulai menjadi biru atau keungu-unguan. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, hal ini bisa menjadi sangat fatal dan bahkan mematikan!

Saluran pernafasan yang tersumbat saat tersedak adalah area disekitar tenggorokan atau trakea. Karena tersumbat, tidak ada lagi pasokan oksigen dari luar tubuh yang berarti aliran darah pada berbagai organ tubuh dan lain sebagainya pun bisa terputus. Seringkali peristiwa tersedak memang disebabkan oleh kebiasaan buruk seseorang yang makan terlalu banyak atau terlalu terburu-buru. Hanya saja, beberapa gangguan kesehatan juga berandil besar dalam menyebabkan peristiwa tersedak ini.

Bagi orang dewasa, radang pada faring ternyata bisa membuat fungsi otot yang menggeser makanan menuju ke lambung mengalami pelemahan sehingga makanan justru akan memasuki saluran pernafasan. Selain itu, penyakit gastro esophageal reflux yang membuat isi lambung naik ke bagian kerongkongan juga bisa membuat peristiwa tersedak sekaligus sensasi panas terbakar pada dada. Satu hal yang pasti, jika kita atau anggota keluarga tiba-tiba tersedak saat makan dan kesulitan untuk bernafas, jangan biarkan hal ini dan segera berikan pertolongan pertama atau melarikannya ke dokter. Sebisa mungkin kita harus memastikan bahwa benda asing yang membuat saluran pernafasan tersedak harus segera keluar.