Terong Ternyata Mengandung Nikotin, Apakah Berbahaya Untuk Dikonsumsi?

DokterSehat.Com– Terong termasuk dalam jenis sayuran yang kerap kita konsumsi. Tak hanya dijadikan lauk, terong juga sangat nikmat untuk dijadikan sambal. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari jika terong yang lezat ini ternyata juga memiliki kandungan nikotin sebagaimana yang juga ditemukan pada rokok. Apakah hal ini berarti terong tidak aman untuk dikonsumsi?

doktersehat-terong-sehat

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa nikotin ini bisa ditemukan pada biji terong yang banyak menempel pada dagingnya. Yang menjadi masalah adalah, saat kita makan terong, kita juga akan mengkonsumsi bijinya. Padahal, menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 1993 silam, disebutkan bahwa di dalam 10 gram terong terdapat jumlah nikotin yang sangat banyak, yakni sekitar setengah sendok makan. Angka ini setara dengan nikotin yang didapatkan dari merokok selama 3 jam berturut-turut!

Hanya saja, dalam penelitian ini, disebutkan bahwa jika perhitungan nikotin yang kita konsumsi saat makan terong tidak sesederhana itu. Kita perlu mengkonsumsi lebih dari 9 kg terong dalam sekali makan untuk mendapatkan efek nikotin yang setara dengan menghisap satu batang rokok. Selain itu, mengkonsumsi 1 atau 2 buah terong juga masih dianggap tidak berbahaya bagi saluran pencernaan dan kesehatan tubuh.

Melihat adanya fakta ini, kita tidak perlu mengkhawatirkan efek nikotin yang ada pada terong yang kita konsumsi asalkan kita memang tidak mengkonsumsinya dengan berlebihan. Ada banyak manfaat kesehatan dari terong yang bisa kita dapatkan sehingga kita bisa dengan tenang mengkonsumsi sayuran ini.