Terong, Sayuran Nikmat yang Membuat Sehat

DokterSehat.Com – Terong sangatlah nikmat untuk diolah menjadi berbagai macam masakan. Selain rasanya yang nikmat, terong ternyata juga sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika terong ternyata kaya akan berbagai antioksidan layaknya asam caffeic, korogenat, hingga nasunin. Antioksidan ini diyakini akan sangat baik dalam melawan berbagai radikal bebas pada tubuh sehingga kita pun akan menurunkan resiko terkena beberapa penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung, kanker, hingga kerusakan DNA pada tubuh.

doktersehat-terong-sehat

Kandungan nasunin pada terong diyakini akan semakin menyehatkan otak kita mengingat nasunin ini akan sangat baik dalam melindungi lipid, lapisan lemak pada membran otak dari berbagai radikal bebas yang sangat berbahaya. Selain itu, kandungan antioksidan lainnya pada terong bisa mencegah munculnya stres oksidatif yang bisa memicu berbagai masalah pada organ-organ kardiovaskular. Karena alasan inilah terong diyakini bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung dengan signifikan.

Terong ungu ternyata memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Selain akan sangat  baik bagi kesehatan saluran pencernaan, kandungan serat ini diyakini akan menurunkan kolesterol dalam darah sehingga aliran darah pun akan jauh lebih lancar. Hal ini juga akan berimbas positif bagi kesehatan jantung.

Selain serat, terong juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Hal ini dikarenakan terong rendah akan kalori namun memiliki kandungan vitamin B yang memang mampu menjaga keseimbangan hormon-hormon, membuat sistem saraf bekerja dengan lebih baik, dan membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Adanya kemampuan meningkatkan sistem metabolism tubuh ini berarti terong akan sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga atau menurunkan berat badan.

Kandungan terong yang baik dalam melawan kanker, khususnya kanker kulit adalah fitokimia BEC5. Kandungan BEC5 ini diyakini bisa membunuh berbagai sel-sel kanker dan tidak memberikan dampak buruk bagi sel-sel yang sehat. Selain itu, terong juga kaya akan mangaan, kalium, dan juga magnesium yang tentu akan sangat baik bagi tulang.

Baca Juga:  Terinfeksi Bakteri, Kaki Anak 12 Tahun Ini Harus Rela Diamputasi

Dengan adanya kebaikan ini, ada baiknya kita sering-sering mengkonsumsi terong demi tubuh yang semakin sehat.