Terong Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat Pada Tubuh

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang akan mengkonsumsi terong sebagai campuran sambal yang sangat nikmat. Tak hanya itu, terong juga bisa dioseng atau diolah dengan cara lainnya agar memiliki cita rasa yang enak untuk dikonsumsi. Tak disangka, dibalik kenikmatan dari sayuran ini, terong ternyata kaya manfaat bagi kesehatan tubuh.

doktersehat-terong-terung

Menurut sebuah informasi yang didapatkan dari Mosby’s Manual of Diagnostic and Laboratory Tests, disebutkan bahwa kadar kolesterol yang dianggap normal dalam tubuh adalah yang tidak melebihi angka 200 mg/dL darah. Jika kadar kolesterol lebih tinggi dari angka tersebut hingga 239 mg/dL, maka dianggap sudah dianggap tinggi dan berlebihan. Jika angka kolesterol bahkan melebihi 240 mg/dL darah, maka kita akan mengalami kondisi yang disebut sebagai hiperkolesterolemia yang bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

Untuk menurunkan kadar kolesterol ini hingga 20 mg/dL, kita ternyata hanya perlu rajin-rajin mengkonsumsi terong setiap hari, tepatnya terong air selama satu bulan penuh. Terong ini disebut-sebut memiliki kandungan karbohidrat yang rendah sehingga membuat tubuh akan lebih baik dalam mengendalikan kadar gula dalam darah.

Tak hanya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dengan drastis, kandungan terong lainnya yang sangat baik bagi kesehatan tubuh adalah serat, vitamin B, tembaga, vitamin B1, vitamin B6, vitam K, asam folat dan kalium. Selain itu, terdapat pula kandungan yang sangat menyehatkan bagi organ otak kita seperti fitonutrien berjenis nasunin dan asam chlorogenik.

Melihat adanya berbagai nutrisi menyehatkan dari terong, kita tidak perlu ragu untuk mengkonsumsinya setiap hari, bukan?