Ternyata secangkir cokelat hangat dapat mencegah penurunan Memori

DokterSehat.Com – Sebagian orang pasti suka mengkonsumsi minuman ini, Cokelat hangat sebagai salah satu minuman nikmat yang disajikan hampir disetiap restoran atau rumah makan. Minuman yang cukup dikenal karena dapat merubah suasana hati, juga minuman yang sering dikonsumsi pada saat menikmati dinginnya pagi hari.

5

Hidangan-hidangan yang tersaji saat sarapan akan memberikan energi ekstra bagi tubuh, tidak terkecuali dengan minuman pendampingnya. Apabila anda bosan dengan sajian minuman seperti jus atau susu, tidak ada salahnya anda mencoba minum cokelat hangat. Rasanya yang enak akan disukai semua anggota keluarga.

Selain memberikan energi tambahan, cokelat yang tinggi antioksidan diketahui bisa menangkal radikal bebas perusak sel-sel dan juga bisa membantu mencegah penyakit jantung. Cokelat juga mengandung flavonoid yang dapat membantu mengurangi peradangan serta mencegah resistensi insulin untuk meminimalisir risiko diabetes tipe 2.

Dan baru-baru ini, sebuah penelitian menunjukkan manfaat lain dari minuman cokelat hangat. Para peneliti yang berasal dari Columbia University Medical Centre, menemukan jika cokelat dapat membantu mencegah demensia. Teknisnya adalah dengan meningkatkan aliran darah ke suatu bagian dari otak.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa bahan utama yang ada dalam cokelat dapat mencegah penurunan memori yang berhubungan dengan usia pada orang tua yang sehat. Selain itu, antioksidan dalam cokelat yakni flavanol dapat membantu meningkatkan daya ingat atau memori pada lansia.

Para peneliti menganalisa apakah flavanol coklat dapat meningkatkan kinerja kognitif dan fungsi otak pada 37 orang berusia antara 50 sampai 69 tahun yang diberikan dosis rendah dan tinggi dari flavanol cokelat selama kurang lebih 3 bulan.

Mereka dalam hal ini para peneliti menemukan bahwa peserta yang mendapatkan asupan flavanol cokelat dalam dosis tinggi diketahui memiliki memori atau kemampuan daya ingat yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang diberikan flavanol cokelat dalam dosis rendah.

Baca Juga:  Alasan Obesitas Dianggap Penyakit Dan Perlu Dibasmi

Penelitian ini menunjukkan bahwa antioksidan yang ada dalam cokelat mampu meningkatkan kinerja kognitif dengan cara meningkatkan aliran darah menuju daerah tertentu dari otak,” ujar Dr. Clare Walton, seorang peneliti dalam penelitian ini.

Para peneliti mengungkapkan bahwsa salah satu faktor penurunan memori yang berhubungan dengan usia adalah adanya perubahan di daerah tertentu dari otak, dan hal ini bisa diatasi dengan intervensi makanan atau minuman.