Ternyata Salah Menggunakan Sendok Makan atau Sendok Teh Sebagai Takaran Obat Sirup

DokterSehat.Com – Pemberian obat bagi pasien kini semakin lebih baik dengan adanya tambahan informasi yang disampaikan oleh apoteker kepada para pasien. Jika pada umumnya pasien hanya diberitahukan berapa dosis obat yang harus diminum setiap harinya, kini banyak para apoteker yang memberikan informasi mengenai jenis dan manfaat obat yang telah diresepkan oleh dokter. Bahkan di beberapa rumah sakit telah mencantumkan keterangan waktu untuk mengkonsumsi obat.

doktersehat-obat

Namun bagian terpenting tetaplah dosis obat. Jika dalam bentuk kapsul atau pil tentunya lebih mudah, karena ukuran per butir yang digunakan. Berbeda dengan obat dalam bentuk sirup, biasanya akan disertakan sendok atau wadah penakar dengan skala milimeter. Namun terkadang terdapat beberapa obat yang tidak menyertakan sendok takar di dalamnya. Terlepas dari ada atau tidaknya penakar dalam obat sirup, justru masyarakat memiliki kecenderungan menggunakan sendok yang biasa digunakan di rumah, baik sendok makan atau pun sendok teh. Padahal bentuk ukuran sendok yang berbeda-beda akan menghasilkan takaran yang berbeda pula. Dampaknya bisa terjadi overdosis obat atau justru kurang dosis obat.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Brian Wansink dari Cornell University, United States dan Koert Van Ittersum dari University of Groningen, Netherlands, dengan sampel sejumlah 177 orang dewasa ditemukan lebih dari 8 % terjadi kesalahan dosis menggunakan takaran sendok teh, serta hampir 12 % ditemukan kesalahan menggunakan takaran sendok makan.

Jenis obat cair yang banyak digunakan dalam bentuk cair diantaranya obat batuk dan obat flu. Apabila dosis yang digunakan berlebih, serta digunakan dalam jangka panjang maka dapat berdampak dengan efek samping dari obat tersebut. Terlebih obat jenis ini banyak diberikan kepada anak-anak. Risiko efek samping yang diperoleh biasanya dicantumkan pada label kemasan obat tersebut.

Baca Juga:  Teh Pahit, Minuman Alami Untuk Melawan Kolesterol

Dengan demikian akan lebih baik jika menggunakan wadah atau sendok penakar yang telah tersedia dalam kemasan obat tersebut. Jika tidak ada, gunakan sendok penakar milimeter yang biasa digunakan sebagai penakar bahan memasak.