Ternyata, Nyeri Menstruasi Selama Bulan Januari Jauh Lebih Menyakitkan Dari Bulan Lainnya

DokterSehat.Com– Cukup banyak wanita yang mengaku mengalami nyeri perut saat fase pra-menstruasi atau menstruasi tiba. Namun, sebuah penelitian berhasil menunjukkan sebuah fakta menarik dimana di bulan Januari seperti sekarang ini, nyeri perut pada wanita saat haid cenderung akan jauh terasa lebih menyakitkan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-sakit-perut-haid-haids-mestruasi-radang-usus-buntu

Alisa Vitti yang merupakan pakar di bidang nutrisi dan hormon telah melakukan penelitian dalam 20 tahun dan menemukan sebuah pola dimana nyeri haid yang muncul di bulan Januari cenderung lebih menyiksa dibandingkan dengan nyeri haid pada bulan-bulan lainnya. Hal ini ternyata disebabkan oleh libur panjang yang kita dapatkan saat Natal dan pergantian tahun.

Bagaimana bisa liburan berimbas pada nyeri haid? Hal ini disebabkan oleh saat liburan, sistem endokrin tubuh mengalami gangguan dan akhirnya berimbas pada rasa nyeri yang lebih kuat setelah kita selesai melakukannya. Saat liburan, tanpa disadari kita melakukan perjalanan panjang yang membuat stress dan kurang tidur, selain itu, pola makan kita juga cenderung menjadi lebih buruk dan lebih banyak mengkonsumsi gula atau karbohidrat. Berbagai nutrisi sehat yang sangat kita butuhkan justru cenderung kita abaikan sehingga akhirnya mengganggu sistem hormon dan membuat gangguan menstruasi menjadi terasa jauh lebih berat.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita kembali menata ulang cara liburan kita di akhir tahun sehingga tidak akan menyebabkan gangguan endokrin ini. Tak hanya berusaha lebih baik dalam menata waktu tidur dan menerapkan pola makan yang sehat, ada baiknya kita juga menyempatkan waktu untuk beristirahat setelah melakukan perjalanan liburan sehingga tubuh pun bisa mendapatkan waktu pemulihan yang cukup sebelum kembali beraktifitas seperti biasa.