Ternyata Ngiler Saat Tidur Menandakan Sesuatu yang Baik, Lho!

DokterSehat.Com– Banyak orang yang mengaku malu saat menyadari dirinya ngiler saat tidur, apalagi jika air liur yang keluar sangat banyak sehingga membuat pipi, bantal atau kasur basah dan membentuk “pulau”. Tak disangka, hal ini ternyata justru menandakan sesuatu yang baik lho.

doktersehat-tidur-lampu-menyala

Sebagaimana kita ketahui, tidur adalah salah satu fase yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Agar tetap berenergi dan memastikan proses regenerasi sel dan detoksifikasi berjalan dengan lancar, maka kita pun membutuhkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas. Yang menarik adalah, salah satu tanda bahwa kita memiliki tidur yang berkualitas adalah jika kita sampai ngiler saat terlelap.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ngiler saat tidur menandakan bahwa kita sedang mengalami mimpi yang positif dan tidur sudah dalam kondisi sangat dalam sehingga tubuh pun benar-benar beristirahat dengan baik. Sebagai informasi, ada beberapa tahapan saat tidur, termasuk fase rapid eye movement atau REM yang terjadi pada 70 hingga 90 menit setelah terlelap dan terus berulang beberapa kali saat selama kita tidur malam. Meskipun berada dalam fase beristirahat, dalam realitanya otak tetap bekerja untuk memastikan bahwa kita tidak terbangun meskipun ada suara atau hal-hal lain yang mengganggu. Uniknya, dengan ngiler, hal ini menandakan bahwa kita tidur dengan sangat nyenyak sehingga sampai tidak terganggu meskipun air liur membasahi pipi dan bantal atau sprei tempat kita tidur.

Meskipun terlihat memalukan, ngiler saat tidur berarti menandakan bahwa kita telah mendapatkan waktu istirahat yang baik sehingga saat bangun, kita akan cenderung lebih bugar dan berenergi.