Ternyata Makan Diselingi Minum Bisa Menyebabkan Penyakit

DokterSehat.Com – Ketika menyantap makanan sering kali kita ditemani oleh segelas minuman, dan rasanya seperti hampa jika tidak. Minuman tersebut sering kali kita minum disela-sela kita makan, padahal tahu gak, ternyata hal ini justru dapat menyebabkan penyakit loh.

5

Minum air disela makan bisa berakibat buruk bagi pencernaan dan juga kesehatan. Penyebabnya adalah minum ketika sedang makan mampu menghambat pencernaan dan meningkatkan tingkat insulin dengan cepat. Hal ini diperkuat dengan penjelasan dari Konselor makrobiotik Shonali Sahberwal bahwa dengan peningkatan insulin dapat berpengaruh pada pencernaan. Apalagi bagi penderita diabetes maka resiko penyakit pencernaan akan semakin tinggi.

Cairan pencernaan yang semakin menipis bisa membuat pencernaan makin melambat untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Semakin lama makanan yang masuk dicerna maka membuat tubuh akan bekerja lebih keras. Untuk itu disarankan meminum segelas air putih 2 jam sebelum atau setelah makan. Walaupun tidak familiar tapi untuk mencapai hidup sehat kenapa tidak.

Bahaya makan yang diselingi minum tidak hanya itu saja,karena juga dapat meningkatkan asam dan rasa mulas. Selain itu juga meningkatkan kadar insulin dalam darah dan menyebabkan tubuh lebih cepat menimbun lemak.

Nah, setelah membaca artikel ini, mudah-mudahan Anda bisa memahami dan segera mungkin untuk mengubah cara makan dan minum Anda,sehingga nantinya akan terhindar dari penyakit.