Ternyata Kunyit Mampu Hilangkan Jerawat

DokterSehat.Com – Kunyit atau kunir atau yang dalam bahasa latin dikenal dengan sebutan Curcuma  Domestica adalah salah satu tanaman rempah dan obat asli yang berasal dari wilayah dataran Asia Tenggara. Kunyit sendiri telah digunakan selama berabad-abad di Asia untuk mengobati sejumlah penyakit. Termasuk di Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya sudah pernah mengkonsumsi tanaman rempah ini, baik digunakan sebagai bahan pelengkap bumbu masakan, jamu maupun untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Salah satu kandungan aktifnya bertindak sebagai anti-inflamasi dan antiseptik, sehingga dapat efektif dijadikan sebagai obat jerawat.



Kulit manusia memiliki pori-pori yang dapat terisi oleh berbagai macam partikel, seperti sel-sel kulit yang mati, terisi oleh kotoran atau bahkan keringat. Ketika pori-pori terisi oleh berbagai macam benda tersebut, maka pada daerah tersebut cenderung akan terjadi infeksi bakteri. Infeksi bakteri inilah yang akan memicu munculnya peradangan, pembengkakan yang selanjutnya berkembang menjadi nanah. Kondisi inilah yang dinamakan dengan jerawat.

Jika begitu, maka ada beberapa trik untuk mengobati jerawat yakni bisa dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu menghambat atau mencegah terjadinya infeksi oleh bakteri, meredakan inflamasi dan memindahkan bahan yang mengisi pori-pori kulit wajah secara keseluruhan. Untuk itulah, salah satu cara yang paling efektif untuk mengobatinya adalah dengan mencari obat yang memiliki kandungan dan fungsi sebagai antibakteri, antiseptik, antiinflamasi dan memiliki efek menenangkan. Dan sebagaimana dijelaskan diatas, bahwa kunyit memiliki kandungan yang bisa mengobati jerawat. Tidak hanya sekedar memiliki efek farmakologis yang tepat untuk menghilangkan jerawat, namun kunyit juga sebagai bahan herbal yang memiliki sedikit efek samping dibandingkan penggunaan senyawa kimia.

Adapun anti-inflamasi apabila diaplikasikan secara topikal pada wajah, dapat membantu mengurangi kemerahan dan iritasi yang terkait dengan jerawat. Sementara antiseptik dapat membantu membersihkan kulit dari kotoran yang menyebabkan timbulnya jerawat. Jika jerawat anda disebabakan oleh kulit wajah yang berminyak, kunyit dapat membantunya untuk menyerap sebagian jumlah keringat pada wajah.

Baca Juga:  Benarkah Mitos Aturan Lima Detik Pada Makanan Jatuh?

Adalah Kurkumin, senyawa utama yang terkandung pada Kunyit yang telah terbukti ampuh efeknya sebagai agen farmakologis, seperti antioksidan, antitumor,analgesik, antialergi, astringent, antispasmodic, appetizing, karmaninatif dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, selain mampu menghilangakn jerawat, mengkonsumsi kunyit secara rutin dapat membuat konsumennya meraih banyak keuntungan sekaligus untuk kesehatannya.

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk dapat memperoleh manfaat kunyit sebagai obat jerawat :

  • Menggunakan kunyit dengan cara menerapkannya pada wajah secara topikal (dioleskan langsung pada kulit) untuk mengobati dan mencegah jerawat membandel kembali bersarang pada area wajah. Caranya. Siapkan bubuk kunyit secukupnya, air atau krim kunyi kemudian campur bahan-bahan tadi, pastikan agar ramuan tidak dibuat terlalu encer. Kemudian oleskan pada permukaan wajah yang diserang oleh jerawat. Gunakan sekali atau dua kali dalam sehari untuk membersihkan kulit wajah.
  • Gunakan kunyit sebagai scrub untuk menghilangkan noda membandel yang ditinggalkan jerawat. Caranya, siapkan 2-3 sendok teh bubuk kunyit, 1-2 tetes minyak mustard atau minyak zaitun atau minyak jojoba, dan 1-2 tetes jus lemon. Kemudian campurkan ketiga bahan tadi, selanjutnya aplikasikan secara merata pada wajah dan biarkan sekitar kurang lebih 15 menit hingga bahan-bahan tadi meresap pada wajah, kemudian bilas dengan air bersih.
  • Siapkan segelas susu hangat dan satu sendok teh kunyit yang telah dihaluskan atau dibuat menjadi serbuk. Selanjutnya, campurkan kunyit ke dalam segelas susu kemudian aduk hingga merata dan warna susu menjadi warna kuning. Nikmati sekali sehari, sebelum tidur. Hal ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, yang akibatnya tubuh akan lebih mampu melawan infeksi bakteri penyebab jerawat sehingga cepat menyembuhkan jerawat yang membengkak.