Ternyata Inilah Manfaat Dari Mandi Malam

DokterSehat.Com – Kita tentu sering mendengarkan nasihat dari orang tua yang melarang kita untuk mandi di malam hari dengan alasan mampu membuat kita terkena masalah rematik. Padahal, banyak orang bekerja atau melakukan banyak aktivitas hingga malam hari yang merasa harus mandi karena badannya terasa gerah dan lengket. Beruntung, pakar kesehatan dr. Amy Shah justru menunjukkan jika mandi malam ternyata memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah manfaat dari mandi malam?

doktersehat-mandi

Terkecuali di hari yang sangat dingin, mandi malam akan membuat badan kita menjadi lebih segar, apalagi jika kita banyak melakukan aktivitas yang membuat kita berkeringat dan terkena debu atau banyak kotoran. Dengan badan yang segar, kita tentu akan lebih nyaman dan segera tertidur dengan cepat dan nyenyak. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika tidur yang berkualitas akan mendukung kesehatan tubuh menjadi lebih baik.

Dr. Amy juga mengungkapkan jika mandi malam ternyata sangat dianjurkan bagi mereka yang memiliki asma, alergi, hingga masalah ruam-ruam pada kulit. Hal ini dikarenakan mandi malam akan membuat kita terbebas dari berbagai debu, kotoran, hingga polusi yang menempel pada kulit dan rambut kita. Padahal, hal-hal tersebutlah yang bisa memicu kambuhnya alergi dan asma. Beliau menyebutkan jika berbagai polusi, debu, dan kotoran tersebut haruslah dibilas dengan air dan sabun hingga bersih untuk mencegah masalah kesehatan ini muncul.

Tak hanya debu, kotoran, hingga polusi, dengan mandi malam kita juga akan membersihkan tubuh dari berbagai bahan kimia layaknya lotion, parfum, atau make-up yang jika dibiarkan, bisa meresap pada kulit dan menimbulkan masalah kesehatan layaknya ruam-ruam dan jerawat pada kulit.

Baca Juga:  Cara Aman Menggunakan Toilet Umum

Dr. Amy lebih menyarankan kita untuk mandi malam dengan air hangat dengan alasan kita bisa membuat tubuh menjadi lebih nyaman. Air hangat sendiri dikenal cukup efektif meredakan pikiran yang stres dan penat akibat dari aktivitas sehari-hari. Hal ini tentu akan membuat kita bisa tidur dengan lebih cepat dan lebih nyenyak.