Ternyata Ini Penyebab Utama Suami Istri Bisa Bertengkar

DokterSehat.Com– Perbedaan pendapat adalah hal yang wajar terjadi dalam dunia rumah tangga. Namun, tahukah anda jika ada beberapa masalah yang bisa memicu pertengkaran hebat? Sebuah survey berjudul Money Habit and Confession Survey pun dilakukan dengan cara melibatkan 1.000 orang untuk mengetahui apa penyebab utama dari pertengkaran suami istri. Seperti apakah hasil dari survey ini?

doktersehat-couple-pasangan-masalah-klamidia

Tak disangka, 25 persen orang ternyata mengaku pernah berpisah dengan pasangannya karena cekcok akibat masalah keuangan. Bahkan, 58 persen dari partisipan memilih untuk melajang daripada bersama dengan pasangan yang tidak pandai mengatur finansial. Menurut pakar rumah tangga, masalah keuangan memang selalu menjadi pemicu keretakan hubungan rumah tangga yang utama karena masalah ini cenderung bisa selalu muncul dan jarang bisa diselesaikan dengan baik.

Dalam survey ini pula, terungkap bahwa 32 persen partisipan tidak mengetahui pendapatan pasangannya. Bahkan, 4 persen partisipan mengaku sengaja menyembunyikan penghasilannya. Pembahasan tentang keuangan memang bisa menjadi hal yang panas dan bahkan berujung saling menyalahkan jika ada masalah keuangan yang cukup pelik. Sebagai contoh, ada salah satu pihak yang memiliki hutang dan harus mengagunkan harta bersama sebagai jaminan utang tersebut. Hal ini tentu bisa menyebabkan ketidaksetujuan atau pertengkaran hebat.

Untuk mencegah pertengkaran yang disebabkan oleh faktor keuangan ini, ada baiknya pasangan melakukan komunikasi dengan terbuka sehingga kedua belah pihak bisa saling memahami masalah keuangan dan justru bisa saling memberikan solusi. Selain itu, sebelum menikah sebaiknya pasangan sudah kerap membicarakan tentang pengelolaan keuangan agar bisa mengerti karakter pasangan dalam mengelola masalah finansial keluarga nantinya.