Ternyata Beda Warna Anggur, Beda Pula Manfaat Sehatnya

DokterSehat.Com– Salah satu buah yang cukup banyak diminati oleh banyak orang anggur. Rasa anggur yang manis ini cocok untuk dikonsumsi secara langsung, dijadikan campuran minuman layaknya es buah, atau bahkan dijadikan jus. Anggur sendiri bisa kita temui dalam beberapa warna seperti merah, hijau, dan hitam. Yang jarang diketahui banyak orang adalah, setiap jenis warna anggur ternyata memiliki manfaat kesehatan yang berbeda-beda. Apa sajakah manfaat sehat dari anggur tersebut?

doktersehat-cemilan-malam-hari-anggur

Anggur hitam
Anggur yang memiliki warna kehitaman ini ternyata kaya akan kandungan bernama reservatrol. Zat reservatrol ini dikenal luas sebagai zat anti aging yang mampu melambatkan proses penuaan pada sel kulit. tak hanya itu, zat reservatrol ini juga bisa membuat tekanan darah dalam tubuh menjadi lebih stabil, membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar, menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, sekaligus membuat jantung menjadi lebih sehat. Semakin gelap warna anggur, semakin banyak pula kita bisa menemukan kandungan reservatrol pada buah ini.

Anggur merah
Layaknya anggur hitam, anggur merah juga kaya akan kandungan reservatrol. Selain itu, anggur merah juga memiliki kandungan quercetin yang cukup tinggi. Sebagai informasi, quercetin termasuk dalam anti oksidan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Rutin mengkonsumsi anggur merah disebut-sebut akan menjaga tekanan darah dan membuat kita tidak mudah terkena alergi. Bagi orang dewasa atau lansia, konsumsi anggur merah juga bisa membuat mereka mengendalikan gejala rematik atau arthritis rheumatoid dengan lebih baik.

Anggur hijau
Anggur hijau ternyata kaya akan kandungan antioksidan yang disebut sebagai katekin. Katekin memiliki sifat anti peradangan dan mampu membantu tubuh menghilangkan racun dan berbagai zat berbahaya lainnya. Tak hanya itu, katekin juga bisa membuat tubuh menjadi semakin langsing sekaligus memperkuat daya tahan tubuh.