Ternyata Ada Beberapa Jenis Bekas Jerawat

DokterSehat.Com – Tak hanya jerawat, bekas jerawat juga sangat mengganggu dan bisa membuat penampilan wajah kita menjadi lebih buruk. Bekas jerawat ini bisa muncul dengan sendirinya walaupun kita tidak memencet jerawat. Bagi sebagian orang, bekas jerawat ini bahkan bisa bertahan dalam waktu yang sangat lama karena mereka kurang sabar dan memilih untuk memencet jerawat. Tahukah anda jika sebenarnya ada beberapa jenis bekas jerawat yang bisa mengganggu penampilan wajah kita? Berikut adalah diantaranya.

doktersehat-flek-hitam-wajah-sinar-UV-jerawat-komedo

Bekas jerawat atrofi
bekas jerawat atrofi ini cukup sering ditemukan pada wajah. Penyebab dari bekas jerawat atrofi ini adalah rusaknya kolagen pada kulit wajah. Bekas luka atrofi sendiri ternyata bisa diklasifikasikan dalam tiga jenis yakni yang berupa ice pick yang terlihat layaknya lubang-lubang kecil pada wajah, jenis boxcar yang terlihat layaknya kawah-kawah pada bulan, dan yang berjenis rolling, lekukan kecil dengan pola bergelombang pada wajah.

Bekas luka jerawat ini cukup banyak menyerang mereka yang cenderung memencet jerawat karena gemas dan kurang baik dalam merawat kebersihan kulit wajah. Beruntung, kita bisa mengatasi bekas luka jerawat atrofi ini dengan pengobatan laser untuk membangun kembali kolagen pada kulit. Sayangnya, biaya untuk melakukan pengobatan ini cukup mahal.

Noda hitam
Tahukah anda jika secara alami, tubuh akan menyembuhkan luka, termasuk bekas luka jerawat, dengan cara melebihkan melamin, protein yang memberikan warna pada kulit. Dengan cara ini, kulit akan mengalami kondisi hiperpigmentasi dimana akan muncul noda-noda dengan warna kemerahan atau berupa bintik-bintik coklat yang muncul pada kulit wajah. Untuk mengatasi hal ini, cukup banyak produk perawatan kulit wajah yang mampu memudarkan noda hitam pada wajah.

Baca Juga:  Tak Disangka, Kebiasaan Saat Mengendarai Sepeda Motor Ini Ternyata Bisa Merusak Kecantikan

Bekas jerawat hipertrofik
Biasanya, bekas jerawat ini ditemukan pada area dada atau punggung. Bentuk dari bekas jerawat ini cenderung tebal layaknya benjolan. Untuk mengatasinya, kita perlu berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan suntikan cortisone yang bisa meratakan benjolan.