Terlambat Menstruasi Tidak Selalu Pertanda Hamil, Mengapa?

batas telat haid

DokterSehat.Com– Salah satu tanda kehamilan adalah terlambat menstruasi. Namun ternyata ada beberapa kondisi yang menyebabkan terlambat menstruasi tidak selalu menjadi tanda kehamilan tetapi justru tanda gangguan kesehatan lainnya. Apa saja?

Mengapa terlambat menstruasi tidak selalu jadi tanda kehamilan?

Bagi Anda yang sedang menjalani program hamil tentu sering merasa berdebar ketika mendekati tanggal menstruasi. Terlambat menstruasi merupakan salah satu tanda kehamilan yang paling mudah diamati. Namun dilansir dari Parents, terlambat menstruasi bukan hanya tanda kehamilan namun juga tanda gangguan kesehatan lain, yaitu:

1. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)
PCOS merupakan salah satu gangguan ketidakseimbangan hormon kehamilan dimana wanita memiliki folikel tambahan yang membuat sel telur dilepas lebih lama dari biasanya. Kadang kala jika tidak ada telur yang dilepas maka tidak terjadi menstruasi.

2. Stres
Stres dapat memengaruhi hipotalamus, yang dapat menyebabkan gangguan hormon yang menstimulasi indung telur. Perempuan yang stres umumnya mengalami menstruasi yang tidak teratur.

3. Perubahan berat badan
Penurunan berat badan yang berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan hormon yang menyebabkan menstruasi datang terlambat.

“Kehilangan berat badan dan anoreksia berat dapat mematikan hormon stimulasi folikel (FSH) dan hormon luteinizing (LH) yang mengatur ovarium,” jelas Dr. Vyas, spesialis kandungan dari Houston Methodist Obstetrics and Gynecology Associates, dikutip dari Parents.

4. Diabetes dan penyakit tiroid
Sejumlah ahli mengaitkan antara terlambat menstruasi dengan beberapa penyakit seperti diabetes dan penyakit tiroid. Jika memiliki riwayat diabetes atau terlambat menstruasi diiringi dengan gejala lain, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter.

5. Tumor pituitari
Meskipun kondisi ini langka dan jarang terjadi, terkadang prolaktinoma, sejenis tumor pituitari, yang bertugas untuk mengatur hormon prolaktin untuk produksi ASI adalah penyebab menstruasi datang terlambat. Jika Anda mengalami sakit kepala, penglihatan buram dan muncul cairan dari payudara padahal tidak menyusui, maka periksakan diri Anda ke dokter untuk mengetahui kemungkinan memiliki tumor ini.