Terlalu Sering Oral Seks, Mulut Pria Ini Luka

Doktersehat-kanker-mulut-tanda-dan-pencegahan
Photo Credit: Flickr.com/Ines Stenzel

DokterSehat.ComРPria berusia 47 tahun yang tidak disebutkan namanya mengeluhkan retakan pada tambalan gigi dalam mulutnya sehingga pergi ke dokter. Saat memeriksa retakan ini, dokter menemukan hal aneh lainnya, yakni luka berbentuk lingkaran pada bagian langit-langit mulutnya. Hanya saja, pria asal Meksiko ini mengaku tidak mengalami rasa nyeri pada luka tersebut.

Dilansir dari The Sun, dokter pun kemudian mencari tahu riwayat kesehatan sang pasien. Sang pria mengaku pernah mengonsumsi ganja dan kokain serta masih aktif melakukan hubungan seks dengan sesama jenis. Dokter pun kemudian kembali bertanya tentang aktivitas seksualnya. Kemudian, sang pria pun mengaku baru saja melakukan oral seks hanya tiga hari sebelum memeriksakan kondisinya ke dokter.

Dalam kasus yang kemudian dipublikasikan dalam jurnal berjudul BMJ Case Reports ini, disebutkan bahwa luka dalam mulut sang pria berjenis erythema dan disebabkan oleh terlalu banyak melakukan oral seks. Luka ini disebabkan oleh kontak antara bagian langit-langit mulut dengan permukaan penis yang bisa memicu trauma dan dilatasi pada pembuluh darah.

Dokter yang menangani kasus sang pria, Dr. Luis Alberto Mendez, menyebutkan bahwa meski terlihat aneh, kasus ini memang bisa terjadi pada orang-orang yang kerap melakukan oral seks. Untuk kasus yang terjadi pada pria ini, luka ini kemudian sembuh dengan sendirinya 15 hari kemudian dan ia kemudian kembali aktif dengan kehidupan seksnya.

Meskipun jarang terjadi, sebuah penelitian yang dilakukan dengan melibatkan 132 pekerja seks di Peru membuktikan bahwa 17 partisipan mengalami luka di mulut setelah melakukan oral seks. Yang menjadi masalah adalah, luka ini bisa menjadi gerbang penularan infeksi menular seksual yang berbahaya, apalagi jika dilakukan dengan tidak aman dan kerap bergonta-ganti pasangan.