Terlalu Sering Minum Teh, Hati Gadis 16 Tahun Ini Akhirnya Rusak

DokterSehat.Com– Meminum teh di pagi hari atau saat malam hari telah menjadi kebiasaan banyak orang. Dengan meminumnya, kita bisa membuat badan menjadi terasa lebih baik, lebih segar, dan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Berbagai penelitian sendiri menyebutkan bahwa rutin meminum teh memang bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Hanya saja, ada baiknya kita tidak mengkonsumsi teh secara berlebihan karena hal ini ternyata bisa memberikan kerugian bagi tubuh kita.

doktersehat-teh-cengkeh-untuk-diabetes

Sebuah laporan yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul New England Journal of Medicine yang diterbitkan pada tahun 2013 lalu menunjukkan fakta mengejutkan dimana ada wanita berusia 47 tahun yang harus merelakan separuh giginya tanggal dan mengalami masalah kerapuhan tulang gara-gara berlebihan dalam mengkonsumsi teh. Ia diketahui meminum teh sebanyak 12 cangkir setiap harinya selama 17 tahun! Gara-gara kebiasaannya ini, Ia mengkonsumsi fluoride lebih dari 20 miligram setiap harinya. Alhasil, Ia pun mengalami nyeri pada tulang belakang, tulang pinggul, hingga lengannya. Dalam dunia medis, Ia mengalami kondisi kesehatan yang disebut sebagai skeletal fluorosis, sebuah kondisi dimana kualitas tulangnya mengalami penurunan drastis yang disebabkan oleh kelebihan asupan fluoride. Tak hanya membuat tulangnya rapuh, wanita ini juga mengalami nyeri dan kaku pada ligamen tubuhnya.

Tak hanya wanita ini, ada kasus lain yang membuktikan bahwa konsumsi teh secara berlebihan sangatlah berbahaya bagi kesehatan. Seorang gadis berusia 16 tahun dari Inggris terbiasa mengkonsumsi tiga cangkir teh herbal setiap harinya. Hasilnya? Organ hatinya pun akhirnya rusak. Pakar kesehatan dan nutrisi Mike Rousells, PhD, menyebutkan bahwa kandungan tanin pada teh hijau yang dikonsumsi gadis ini akan menghambat penyerapan zat besi non heme yang ada pada tubuh sehingga tubuh pun pun akan tidak mampu menyerap zat besi dari sayuran dan makanan nabati lainnya. Jika hal ini terus terjadi, maka organ hati pun akhirnya mengalami kerusakan.

Baca Juga:  Kebiasaan Minum Teh Ini Bisa Membuat Kita Sulit Menurunkan Berat Badan

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak berlebih dalam meminum teh meskipun meminumnya secara rutin memang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan.