Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan Cepat Saji juga Menyebabkan Wanita Sulit Hamil

doktersehat-fast-food

DokterSehat.Com– Makanan cepat saji atau yang sering disebut dengan fast food merupakan salah satu jenis makanan yang paling banyak disukai. Di samping rasanya yang lezat, mengonsumsi makanan cepat saji juga dianggap dapat menghemat waktu. Makanan cepat saji kini banyak dijual di berbagai restoran, sehingga cukup mudah untuk mendapatkannya.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa makanan jenis ini sangatlah tidak baik untuk kesehatan? Ada segudang bahaya yang selalu mengintai kesehatan Anda jika terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji, salah satunya adalah penyakit obesitas.

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa obesitas terjadi karena seseorang mengalami berat badan yang berlebih. Penyebab dari penyakit tersebut ialah pola makan yang tidak sehat. Sama halnya dengan makanan cepat saji yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit obesitas. Hal ini disebabkan karena makanan cepat saji terbuat dari bahan makanan yang tidak sehat, seperti MSG, serta mengandung kalori yang cukup tinggi.

Risiko berbahaya lainnya yang dapat terjadi akibat terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji, khususnya untuk wanita adalah sulit hamil. Sebuah penelitian yang dilakukan di Australia menemukan fakta bahwa wanita mengonsumsi makanan cepat saji terlalu banyak dapat meningkatkan risiko infertilitas atau kemandulan dan ketidaksuburan sebanyak dua kali lipat.

Risiko kemandulan tersebut akan semakin meningkat apabila wanita tidak mengonsumsi cukup buah. Penelitian sebelumnya hanya meneliti tentang hubungan antara diet dan kemandulan. Namun kemudian, penelitian dilanjutkan dengan menentukan hubungan antara kemandulan dengan makanan tertetu yang memiliki risiko penyebab kemandulan.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa risiko ketidaksuburan pada wanita tergantung pada asupan yang makanan yang mereka konsumsi setiap hari. Wanita yang mengonsumsi buah tiga  atau lebih dalam sehari, bisa cepat hamil dibanding dnegan wanita yang mengonsumsi buah sedikit dan jarang.

Begitupun dengan wanita yang mengonsumsi makanan cepat saji terlalu sering. Mereka yang mengonsumsi empat porsi atau lebih makanan cepat saji setiap minggu dapat meningkatkan risiko kemandulan dan ketidaksuburan menjadi 16 persen.