Terlalu Sering Mengkonsumsi Saus Kacang Bisa Meningkatkan Resiko Kanker Hati

DokterSehat.Com – Cukup banyak makanan khas tanah air yang menggunakan saus kacang sebagai pelengkapnya. Sebagai contoh, gado-gado, siomay, batagor, dan berbagai makanan lainnya tentu akan terasa hambar andai tidak disiram dengan saus kacang. Karena sangat nikmat untuk dikonsumsi, banyak orang yang menyukai makanan berbasis saus kacang ini dan kerap mengkonsumsinya. Sayangnya, dibalik rasa nikmat dari saus kacang ini, pakar kesehatan menyebutkan jika ada resiko kesehatan berupa meningkatnya resiko terkena kanker hati. Bagaimana hal ini bisa terjadi?



Pakar kesehatan gizi dr. Murudut MPS berkata bahwa di dalam saus kacang, ternyata ada kandungan aflatoksin yang ternyata kurang baik bagi kesehatan tubuh kita. Aflatoksin sendiri adalah semacam senyawa beracun yang memiliki sifat karsinogenik atau menyebabkan kanker sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Tak hanya bagi manusia, aflatoksin ini ternyata juga bisa berbahaya bagi hewan.

Dr. Murudut berkata bahwa jika kita memang memiliki hobi mengkonsumsi makanan yang disiram dengan saus kacang layaknya gado-gado, siomay, dan batagor, namun terus-terusan mengkonsumsinya, maka kita akan memasukkan senyawa aflatoksin ini secara berlebihan pada tubuh sehingga bisa meningkatkan resiko kanker hati yang tentu sangat berbahaya. Sebagai informasi, konsumsi saus kacang dalam jumlah yang berlebihan atau cukup sering bisa membuat senyawa aflatoksin ini akan menumpuk pada tubuh dan yang biasanya akan diserang pertama kali adalah organ hati kita.

Demi mencegah kanker hati yang sangat berbahaya ini, ada baiknya memang kita mulai membatasi asupan saus kacang yang mengandung aflatoksin ini. Memang, kita masih bisa menikmati makanan dengan siraman saus kacang, namun, ada baiknya memang kita tidak terlalu sering mengkonsumsinya sehingga asupan aflatoksin tidak akan melebihi angka 30 part per billian, standar aman dari asupan senyawa ini.