Terlalu Sering Menggunakan Ponsel Bisa Membuat Fungsi Otak Melemah

DokterSehat.Com – Ponsel kini telah menjadi barang yang tidak bisa dilepaskan dalam berbagai aktifitas sehari-hari. Alat komunikasi ini bisa digunakan di berbagai waktu dan tempat, baik itu saat berkumpul dengan teman-teman atau keluarga, menunggu saat terjebak kemacetan, hingga dibawa saat berada di toilet. Memang, ponsel bisa membuat kita mendapatkan banyak sekali hiburan, informasi yang up to date, hingga kemudahan komunikasi dengan orang-orang di tempat yang jauh. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, penggunaan ponsel yang berlebihan ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita.

doktersehat-main-hp-handphone-smartphone

Salah seorang asisten professor yang berasal dari University of Texas, Amerika Serikat, bernama Adrian Ward, menyebutkan bahwa penggunaan ponsel yang berlebihan ternyata bisa membuat fungsi otak kita semakin menurun. Ward mengungkapkan fakta ini setelah melakukan penelitian pada 700 orang yang aktif melakukan berbagai aktifitas sambil menggunakan smartphone-nya. Para partisipan ini kemudian diminta untuk melakukan berbagai macam tes yang mampu menunjukkan kemampuan kognitif otaknya layaknya daya ingat atau kemampuan memecahkan masalah. Secara acak, para partisipan ini diminta meletakkan ponselnya pada saku, tas, meja tempat mereka melakukan tes, atau sengaja tidak diperbolehkan membawa ponsel.

Setelah diamati hasil tesnya, diketahui bahwa mereka yang tidak membawa ponselnya cenderung memiliki nilai yang lebih baik setelah mengerjakan tes tersebut. Sementara itu, mereka yang diminta untuk menyimpan ponselnya di tas atau saku memiliki nilai lebih baik dari mereka yang bisa mengambil ponselnya kapanpun karena diletakkan di meja.

Meskipun tidak dipakai, Ward menyebutkan bahwa adanya ponsel yang terjangkau pandangan mata ternyata bisa membuat kinerja otak, khususnya dalam hal menyelesaikan tugas dan memproses berbagai informasi, terhambat. Adanya notifikasi pada ponsel bahkan bisa dengan mudah mengalihkan fokus dan perhatian para partisipan sehingga akhirnya menurunkan kemampuan kognitifnya.

Baca Juga:  Ibu Hamil Terlalu Sering Bermain Ponsel Berpotensi Membuat Anaknya Hiperaktif

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak menggunakan ponsel dengan berlebihan.