Terlalu Sering Mencuci Wajah Justru Membuat Masalah Jerawat Semakin Parah

DokterSehat.Com – Wajah yang bersih, cantik, dan mulus adalah impian dari semua orang, baik itu pria maupun wanita. Sayangnya, kadangkala kita akan mendapati munculnya jerawat atau komedo yang tentu akan membuat tampilan wajah kita semakin memburuk. Untuk mengatasinya, kita tentu harus lebih baik dalam merawat kebersihan wajah kita. Sayangnya, ada banyak orang yang berpikir jika semakin sering mereka membersihkan wajah, semakin baik pula kita mengatasi jerawat dan masalah kulit lainnya. Padahal, dalam realitanya, terlalu sering membersihkan wajah justru membuat masalah jerawat semakin parah.

doktersehat-cuci-muka-jerawat-obat-kumur-mouthwash

Memang, produk perawatan wajah layaknya sabun pembersih telah dibuat sedemikian rupa agar wajah kita menjadi lebih bersih, lebih segar, dan lebih sehat. Sayangnya, jika kita mencuci wajah terlalu sering, kulit wajah kita tidak akan lagi mendapatkan manfaat tersebut. Yang terjadi justru kita bisa mengalami masalah layaknya komedo, jerawat yang semakin parah, hingga pengelupasan dan warna ruam-ruam pada kulit wajah.

Jika kita kerap mencuci wajah dengan sabun, bisa jadi sabun ini akan menumpuk pada kulit wajah bersama dengan sel-sel kulit mati. Hal ini tentu bisa berimbas pada semakin mudahnya jerawat dan komedo muncul pada wajah. Tak hanya itu, adanya tumpukan sel kulit mati yang semakin banyak juga bisa membuat kulit wajah semakin teriritasi.

Lantas, sebenarnya seberapa seringkah idealnya kita bisa mencuci wajah setiap hari? Pakar kesehatan menyebutkan jika kita bisa mencuci kulit wajah setidaknya dua kali sehari; pertama saat kita baru bangun dari tidur dan kedua setelah membersihkan make up atau sebelum tidur. Bagi pemilik kulit kering, maka idealnya kita hanya mencuci wajah dengan sabun sekali dalam sehari dan bahkan harus dilengkapi dengan pelembab wajah setelahnya. Hanya saja, andai kita hanya ingin mencuci wajah dengan air saja, tanpa adanya sabun, hal ini masih tidak dipermasalahkan karena memang masih dianggap baik bagi kulit wajah.