Terlalu Sering Luluran Bisa Menyebabkan Kulit Kering dan Keriput

DokterSehat.Com– Berbeda dengan kaum pria yang cenderung lebih cuek dalam merawat kesehatan kulitnya, kaum hawa bisa menghabiskan banyak uang dan waktu untuk melakukan perawatan kulit agar terlihat lebih cantik dan menawan. Salah satu cara merawat kulit yang banyak dilakukan oleh wanita adalah luluran. Sayangnya, banyak wanita yang berpikir jika dengan cukup sering melakukan luluran, maka kulit akan menjadi lebih bersih dan cantik. Padahal, hal tersebut tidak benar adanya.

doktersehat-dermatitis-kontak-Porfiria-kanker-kulit

Jangan mudah percaya anjuran untuk rutin melakukan luluran karena hal ini justru bisa membuat kulit terkikis dan menyebabkan masalah kesehatan lainnya layaknya kulit kering, keriput, hingga peradangan. Salah seorang pakar kesehatan kulit bernama Joanna Vargas menyebutkan bahwa perawatan kulit yang bisa menyebabkan sel-sel kulit mati terkikis layaknya luluran ini ternyata bisa menyebabkan kulit kehilangan kelembapan dan minyak alami yang menentukan kelembapan kulit tersebut. Jika kita melakukannya setiap hari, kita juga akan meningkatkan resiko terkena jerawat.

Jika kita luluran setiap hari, maka kulit akan lebih mudah teriritasi mengingat kulit yang sebenarnya baru saja tumbuh namun sudah harus terkelupas kembali. Hal ini membuat kulit tidak akan terbentuk dengan sempurna. Selain itu, jika kita menggunakan luluran ini secara rutin dalam jangka waktu yang lama, maka kulit pun akan semakin menipis sehingga akan lebih mudah menimbulkan kerutan.

Pakar kesehatan kulit dari Washington DC, Amerika Serikat, bernama Elizabeth Tanzi, MD, menyebutkan bahwa kulit sebenarnya adalah organ tubuh yang bisa mengelupaskan sekaligus meregenerasi sel-sel kulit matinya secara otomatis. Jika kita luluran dengan frekuensi terlalu sering, maka hal ini akan menyebabkan pertumbuhan sel kulit baru menjadi semakin lambat. Tanzi sendiri menyarankan kita untuk melakukan luluran maksimal dua atau tiga kali dalam seminggu jika memiliki kulit dengan kondisi yang normal agar kulit tetap terjaga kesehatan dan kecantikannya.