Terlalu Sering Cuci Muka Justru Menyebabkan Jerawatan?

DokterSehat.Com– Meskipun rajin mencuci muka bisa menjaga kesehatan kulit dan mencegah datangnya masalah seperti jerawat, ada yang percaya jika mencuci muka terlalu sering justru bisa memicu jerawatan. Benarkah?

doktersehat-cuci-muka-jerawat-obat-kumur-mouthwash

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa jerawat seringkali disebabkan oleh produksi kelenjar minyak berlebihan pada muka yang bisa menyumbat pori-pori. Selain itu, jerawat juga bisa disebabkan karena faktor psikologis, ketidakseimbangan hormon, penggunaan obat-obatan atau produk kecantikan yang tidak cocok, kurang menjaga kebersihan, hingga faktor keturunan.

Untuk anggapan bahwa terlalu sering mencuci muka bisa menyebabkan jerawat, pakar kesehatan ternyata membenarkannya. Memang, rutin membersihkan wajah bisa mencegah datangnya jerawat, namun, terlalu sering melakukannya akan membuat kulit kering dan kekurangan asupan minyak alami sehingga akhirnya memicu datangnya jerawat. Beberapa jenis bahan kimia yang ada pada produk pembersih muka ternyata juga bisa membunuh bakteri baik yang sebenarnya melawan bakteri jahat yang bisa memicu jerawat. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan kita untuk mencuci muka maksimal dua kali saja setiap hari.

Mencuci muka hanya dengan air ternyata juga tidak direkomendasikan oleh pakar kesehatan jika kita ingin mencegah datangnya jerawat. Hal ini disebabkan oleh banyaknya bahan kimia pada produk kosmetik atau kotoran yang tidak bisa terlarut dengan air. Hal ini berarti, jika kita tidak menggunakan produk pembersih, kotoran dan bahan kimia yang tidak larut air ini tidak akan terangkat dari wajah.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk memakai produk pembersih wajah yang memiliki pelembab. Saat menggunakannya, pastikan untuk melakukannya dengan lembut, bukannya kasar karena justru bisa memicu masalah jerawat. Selain itu, jangan keringkan wajah dengan cara menggosoknya dengan kasar karena bisa memicu peradangan. Tepuk-tepuklah dengan pelan dan lembut agar kulit benar-benar bersih dan kering.