Terlalu Lama Pakai Bra Picu Kanker Payudara?

Doktersehat.com – Bra merupakan salah satu pakaian wajib bagi wanita. Bra digunakan untuk menjaga bentuk payudara wanita. Tapi, penggunaan bra yang terlalu lama justru dapat meningkatkan suhu tubuh sekitar payudara yang dapat memicu munculnya kanker.



Penelitian yang dilakukan pada tahun 1991 mengungkapkan lama waktu yang tepat memakai bra adalah kurang dari 12 jam.

Peneliti menyimpulkan bahwa pemakaian bra selama kurang dari 12 jam per hari mampu mencegah munculnya kanker. Berdasarkan hasil studinya, wanita yang menggunakan bra selama 24 jam per hari paling tinggi tingkat risikonya terserang kanker payudara. Sebaliknya makin jarang menggunakan bra makin sedikit risiko terkena kanker.

Waktu tidur merupakan waktu yang tepat untuk melepaskan bra sambil mengistirahatkan payudara Anda.  Saat melepaskan bra pijatlah payudara sambil menarik napas panjang untuk memperlancar aliran getah bening dan mencegah terkena kanker payudara.

Sistem limfatik pada payudara hanya berkembang sepenuhnya selama kehamilan dan menyusui, sehingga wanita yang memakai bra selama 24 jam dalam sehari, wanita yang tidak menyusui, dan menunda memiliki momongan berisiko lebih tinggi terkena  kanker payudara.

Ukuran bra yang tidak tepat juga dapat memicu kanker. Bra yang terlalu ketat dapat menghambat aliran getah bening ke payudara. Akibatnya penetralan racun atau bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan kanker menjadi terhambat.

Terlalu lama memakai bra juga dapat meningkatkan suhu jaringan payudara dan menambah kadar hormon prolaktin (hormon yang berguna untuk merangsang air susu). Keduanya diketahui juga dapat mempengaruhi pembentukan kanker payudara.

Sumber: wolipop.detik.com