Terlalu Lama Menonton Televisi Bisa Memicu Diabetes

DokterSehat.Com – Telah banyak studi kesehatan yang menyatakan jika menonton televisi sebagai sebuah kebiasaan yang sangat buruk bagi kesehatan. Padahal, menonton televisi adalah salah satu cara termudah bagi kebanyakan orang untuk mendapatkan hiburan setelah melakukan berbagai aktifitas yang bisa memberikan rasa penat dan stress. Yang menjadi masalah ternyata adalah kebiasaan sebagian orang yang tidak banyak bergerak selama berjam-jam lamanya hanya untuk menikmati siaran televisi. Tahukah anda, studi terbaru bahkan menunjukkan bahwa menonton televisi terlalu lama ternyata bisa memicu masalah diabetes. Mereka yang melihat televisi dalam waktu yang lama setiap hari akan memiliki resiko terkena diabetes hingga 3,4 persen. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Pakar kesehatan berkata jika kebiasaan duduk diam di depan televisi akan membuat berat badan lebih mudah naik.

doktersehat-hipertensi-tekanan-darah-tinggi-jantung-stroke

Sebuah penelitian di Inggris sendiri mengungkapkan bahwa setiap harinya penduduk Inggris bisa menghabiskan rata-rata empat jam menonton televisi dan di Amerika, rata-rata penduduknya akan menonton televisi setidaknya lima jam per hari. Durasi tersebut sangatlah lama untuk tidak melakukan aktifitas fisik dengan signifikan dan bisa memicu masalah kesehatan layaknya obesitas. Yang menjadi masalah adalah, jika kita mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung gula atau kalori yang seharusnya diubah menjadi energi, namun kita justru tidak melakukan aktifitas apapun, maka kita pun akan menambah resiko terkena penyakit diabetes.

Dengan lebih menyempatkan waktu untuk melakukan aktifitas fisik alih-alih hanya duduk diam menonton televisi, maka kita bisa membuat organ-organ tubuh beraktifitas dengan lebih baik dan potensi mendapatkan resiko terkena diabetes pun jauh menurun. Selain itu, cobalah untuk rutin melakukan olahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat agar tubuh pun semakin fit tanpa adanya masalah kesehatan yang berarti.