Terlalu Lama Bermain Game, Kandung Kemih Membengkak

bermain_game_doktersehat_2
Photo Source: Flickr/ Derek Bridges

DokterSehat.Com– Bocah berusia 10 tahun yang tidak disebutkan namanya keasyikan bermain game hingga enggan untuk pergi ke toilet meskipun sudah ingin buang air. Gara-gara hal ini, ia pun sampai dilarikan ke rumah sakit karena mengalami pembengkakan kandung kemih dan usus!

Dilansir dari The Telegraph, dokter yang menangani sang bocah adalah Dr. Jo Begent dari University College Hospital, London, Inggris. Dr. Jo berkata bahwa sang bocah telah bermain game lebih dari 8 jam bersama dengan ayahnya. Awalnya, ia berpikir jika sang bocah mengalami tumor, namun setelah pemeriksaan lebih mendalam, barulah diketahui bahwa penyebabnya adalah adanya kotoran yang menyumbat akibat tidak segera dikeluarkan.

“Sang bocah mengeluhkan rasa nyeri dan tidak mampu buang air. Pengecekan dengan MRI menghasilkan fakta bahwa pembengkakan pada bagian bawah perutnya disebabkan oleh pembengkakan saluran kemih dan usus akibat dari kotoran yang menyumbat,” ucap Dr. Jo.

Akibat dari banyaknya kotoran yang menumpuk, fungsi kandung kemih dan gerakan peristaltik usus untuk buang air besar dalam tubuhnya menghilang. Hal ini membuat berbagai kotoran terus menumpuk dan memicu rasa sakit yang luar biasa, termasuk urine yang semakin banyak menumpuk di kandung kemihnya.

Beruntung, kondisi sang bocah bisa segera diatasi oleh para dokter. Meskipun harus mengonsumsi beberapa obat-obatan, termasuk obat pencahar, ia kini tak lagi mengeluhkan susah buang air kecil dan buang air besar.

Pastikan untuk segera buang air jika memang tubuh sudah meminta untuk melakukannya, meskipun saat itu kita sedang asyik bermain game agar tidak mengalami nasib seperti yang dialami sang bocah.