Terlalu Kurus, Wanita Malah Rentan Mengalami Menopause Dini

DokterSehat.Com– Banyak wanita yang lebih mendambakan tubuh yang kurus karena bisa membuat penampilan mereka jauh lebih menarik. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada baiknya wanita tidak terlalu kurus karena kondisi ini justru bisa membuat mereka rentan terkena menopause dini.

doktersehat-wanita-susah-kurus-diet

Fakta ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan di University of Massachussetts, Amerika Serikat. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa wanita yang berat badannya kurang ideal di masa remaja hingga usia pertengahan dewasa cenderung lebih cepat mengalami menopause. Yang menjadi masalah adalah Dr. Kathleen Szegda yang terlibat dalam penelitian ini menyebutkan bahwa menopause dini bisa meningkatkan resiko terkena penyakit kardiovaskular, penurunan kognitif, osteoporosis, hingga kematian dini.

Menopause sebenarnya adalah kondisi yang akan dialami oleh para wanita di usia senja. Biasanya, hal ini akan ditandai dengan berhentinya siklus menstruasi dan tubuhnya sudah tidak lagi mampu ber-reproduksi. Biasanya, fase menopause ini terjadi pada saat usia wanita 45 hingga 55 tahun. Jika wanita mengalami menopause lebih awal dari rentang usia tersebut, maka bisa dipastikan bahwa Ia sedang mengalami menopause dini.

Lantas, seperti apakah wanita yang kurus dan didefinisikan beresiko terkena masalah menopause dini? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kadar BMI atau indeks massa tubuh wanita yang normal adalah diantara 18,5 hingga 22,4. Jika kadar BMI wanita kurang dari 18,5, maka Ia bisa dianggap sebagai terlalu kurus.

Melihat adanya fakta ini, penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Human Reproduction ini pun merekomendasikan wanita agar menjaga berat badannya tetap ideal, tidak terlalu kurus, dan tidak terlalu gemuk, demi kesehatan tubuhnya.