Terlalu Keras Bekerja Bisa Membuat Kita Mati Muda

DokterSehat.Com – Banyak orang yang semenjak usia muda harus bekerja dengan keras demi mencukupi kebutuhan hidupnya sehari-hari atau bahkan demi mencapai impian dan target hidupnya. Memang, dengan bekerja keras, kita bisa mendapatkan banyak hal yang kita inginkan dengan hidup. Sayangnya, banyak orang yang bekerja dengan terlalu keras sehingga pada akhirnya tidak memperhatikan kesehatannya. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika mereka yang bekerja terlalu keras pada akhirnya memiliki resiko tinggi mati muda.

doktersehat-kerja-stres-lembur-capek

Sebuah penelitian dari Indiana University’s Kelley School of Business meyebutkan jika tanpa kita sadari, banyak pekerjaan di dunia modern sekarang yang membuat kita mengalami stres dan depresi dengan berlebihan. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika stress bisa berimbas buruk bagi kesehatan dan bisa memicu berbagai penyakit berbahaya.

Penelitian ini sendiri mempelajari perilaku para pekerja yang berkaitan dengan tuntutan pekerjaan. Selain itu, penelitian ini juga mempelajari seberapa lama pekerjaan harus diselesaikan, seberapa banyak tingkat konsentraasi yang harus dikeluarkan, hingga metode penyelesaian pekerjaan. Dari berbagai faktor ini, diketahui bahwa banyak pekerja yang bekerja terlalu keras sehingga kurang mendapatkan jam bebas atau jam untuk beristirahat sehingga pada akhirnya mengalami stres yang cukup parah. Yang membuatnya menjadi semakin buruk, stres ini juga berimbas pada perilaku para pekerja yang ingin menggantinya dengan keinginan untuk mengkonsumsi junk food, merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, hingga bermalas-malasan di akhir pekan alih-alih berolahraga. Hal ini tentu akan sangat buruk bagi tubuh dan bisa memicu kerusakan pada berbagai organ vital. Jika hal ini terjadi, maka tentu resiko untuk mati muda akan semakin meningkat.

Dengan adanya hasil penelitian ini, ada baiknya kita tidak bekerja terlalu keras hingga mengubah ritme kerja kita. Lakukan pekerjaan dengan mendahulukan prioritas dan cobalah memakai metode terbaik agar pekerjaan bisa selesai dengan efektif. Andai sudah mulai merasakan stres, cobalah melakukan relaksasi dengan melakukan yoga atau bahkan sesekali berrekreasi atau mengambil cuti liburan. Jangan lupakan olahraga yang teratur yang tentu akan cukup efektif melawan stres.