Terlalu Banyak Memakan Serat Ternyata Kurang Baik

DokterSehat.Com – Kita tentu sering mendengar tentang betapa pentingnya makanan berserat bagi organ pencernaan tubuh. Dengan makanan berserat, kita bisa membuat metabolisme tubuh kita menjadi lebih lancar dan mengurangi resiko untuk mendapatkan berbagai penyakit layaknya diabetes, penyakit jantung, hingga kanker pada usus besar. Makanan berserat juga kerap dianggap sebagai diet terbaik bagi mereka yang ingi tubuh ramping dan sehat. Hanya saja, banyak orang yang justru terlalu banyak memakan makanan berserat dengan anggapan bahwa mereka bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Terlalu banyak makanan berserat ternyata memiliki resiko kesehatan yang kurang baik bagi tubuh.



Kita harus ingat bahwa tubuh membutuhkan nutrisi yang seimbang agar tetap sehat dan fit. Jika kandungan serat yang kita konsumsi melebihi 45 gram per hari, bisa jadi kita akan mengalami beberapa masalah layaknya sembelit atau bahkan kenaikan berat badan. Makanan serat sering dikaitkan dengan lancarnya buang air besar mengingat serat akan membuat kotoran dan racun di usus bisa menjadi lebih mudah dibuang. Hanya saja, jika anda terlalu banyak mengkonsumsi serat, maka kandungan air di sistem pencernaan juga akan terserap habis oleh serat tersebut sehingga kita pun akan mengalami susah buang air besar.

Jika kita terlalu banyak memakan serat yang menyerap banyak air, maka tubuh pun mengalami kondisi yang dinamakan retensi air atau banyaknya jumlah cairan di dalam tubuh sehingga berat badan pun cenderung naik. Serat yang berlebihan juga dapat membuat perut lebih kembung mengingat proses pencernaan akan memproduksi emisi gas yang berlebihan.Perut kembung dan berlanjut pada seringnya frekuensi untuk buang angin tentu akan sangat mengganggu kenyamanan tubuh anda, bukan?

Baca Juga:  Bagaimana Caranya Menghilangkan Bau Badan Secara Alami ?

Makanlah makanan berserat secara seimbang dan tidak berlebihan. Jangan lupakan pula makanan yang mengandung karbohidrat dan juga protein untuk dikonsumsi bersama dengan makanan berserat. Dengan nutrisi yang seimbang, tubuh pun akan tetap fit dan terjaga kesehatannya.