Terlalu Banyak Makan Telur Bisa Membuat Bau Badan Menjadi Amis

DokterSehat.Com – Telur adalah salah satu bahan makanan yang murah, mudah untuk diolah, memiliki rasa yang enak, sekaligus memberikan nutrisi yang sangat tinggi bagi tubuh kita. Telur sendiri bisa dimasak menjadi berbagai jenis makanan yang disukai oleh banyak orang. Jika anda termasuk dalam orang yang suka dengan telur, ada baiknya anda tidak mengkonsumsinya terlalu banyak. Menurut pakar kesehatan, konsumsi telur secara berlebihan ternyata bisa berimbas buruk bagi bau badan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-telur

Nutrition Facts baru-baru ini mengungkapkan fakta tentang konsumsi telur secara berlebihan yang ternyata memang bisa menimbulkan bau badan yang sangat tidak sedap. Menurut pakar kesehatan, munculnya bau badan ini ternyata berasal dari kandungan kolin yang ada di dalam telur. Sebagai informasi, kolin sebenarnya termasuk dalam kandungan gizi yang baik bagi kesehatan kita. Zat yang secara kimia cenderung mirip dengan vitamin B namun tidak bisa disebut sebagai vitamin ini ternyata bisa membantu tubuh dalam membangun serta merawat sel-sel tubuh yang menjalankan berbagai fungsi saraf dan otot.

Tak hanya telur, ikan dan kacang-kacangan juga dikenal luas sebagai bahan makanan yang kaya akan kandungan kolin. Hanya saja, ada sebagian orang yang mengkonsumsi kolin lebih banyak dari orang lain karena kesukaannya pada telur dan mereka ternyata cenderung memiliki bau badan yang tidak sedap. Tak hanya bau nafas, bau air seni, keringat, air liur, atau bahkan cairan organ vital wanita bisa menjadi menyengat gara-gara konsumsi kolin secara berlebihan.

Tak hanya memicu bau badan, penelitian yang dilakukan di Cleveland Clinic juga menyebutkan bahwa konsumsi kolin dari telur secara berlebihan ternyata bisa memicu timbulnya plak pada pembuluh darah arteri yang tentu sangat berbahaya bagi mereka yang terkena penyakit jantung atau stroke.