Terlahir Dengan Golongan Darah Ini? Awas Mudah Kena Stress!

DokterSehat.Com– Stress bisa disebabkan oleh banyak hal, baik itu berupa pekerjaan yang berat atau berbagai masalah lainnya. Yang menjadi masalah adalah, stress bisa berimbas pada masalah kesehatan fisik yang tidak bisa disepelekan seperti hipertensi.

doktersehat-stres-kerja-emosi-depresi

Tak hanya karena faktor tekanan dalam berbagai kehidupan, beberapa orang yang terlahir dengan golongan darah tertentu ternyata juga lebih beresiko terkena masalah kesehatan mental ini. Fakta ini terkuak dalam penelitian dengan judul Effects of Stress and Blood Type on Cortisol and VLDL Toxicity Prevneting Activity. Dalam penelitian yang kemudian hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Psychosom Med ini, disebutkan bahwa mereka dengan golongan darah A cenderung memiliki jumlah hormon kortisol, hormon stress di dalam tubuh, lebih tinggi dibandingkan dengan golongan darah lainnya, khususnya O. Hal ini membuat mereka lebih mudah terkena stress.

Pakar kesehatan juga menyebutkan bahwa mereka dengan golongan darah A memang cenderung mudah cemas atau khawatir jika sedang berada dalam situasi penuh tekanan. Saat kelenjar adrenalin dalam tubuh melepas lebih banyak hormon kortisol dalam darah, maka tingkat stress juga akan semakin memburuk dan bisa memicu datangnya gangguan kesehatan mental atau fisik.

Melihat adanya fakta ini, pakar kesehatan menyarankan mereka dengan golongan darah A untuk mengelola stressnya dengan lebih baik. Sebagai contoh, ada baiknya mereka kerap melakukan yoga atau meditasi. Selain itu, olahraga yang cenderung bisa menguras fisik seperti angkat beban dan berlari juga sebaiknya tidak dilakukan dengan berlebihan.