Terlahir Dengan Gangguan Pendengaran, Gadis Ini Akan Dihadiahi Telinga Baru

DokterSehat.Com – Anya Storie, seorang gadis berusia 9 tahun yang berasal dari Wishaw, Lanarkshire, Skotlandia, terlahir dengan masalah pendengaran microtia di telinga bagian kiri. Karena kondisi ini, ukuran telinga sebelah kirinya cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan telinga bagian kanan. Beruntung, berkat teknologi print 3D terbaru, Anya sepertinya akan mendapatkan hadiah Natal terbaik di tahun ini, yakni telinga baru yang akan menggantikan telinga bagian kirinya.



Pakar bedah plastik yang berasal dari Royal Hospital for Sick Children yang ada di Edinburgh bernama Ken Stewart menggunakan teknologi print 3D untuk mencetak replika telinga baru yang berukuran sama dengan telinga kanan Anya dan terbuat dari bahan tulang rawan yang berasal dari tulang rusuk sang bocah. Tak hanya bentuk telinga, Anya juga diketahui akan mendapatkan implan alat bantu pendengaran. Mendengar kabar ini, Ia pun merasa sangat bahagia.

Stewart menyebutkan jika teknologi print 3D memang menjadi salah satu hal yang sangat membantu dunia kesehatan modern. Ia bahkan bisa memastikan jika telinga baru yang akan didapatkan Anya akan sangat sempurna dan membuatnya bisa mendapatkan pendengaran terbaik layaknya manusia pada umumnya.

Biaya untuk menciptakan telinga buatan dengan teknologi print 3D ini sebenarnya cukup mahal, yakni sekitar 32 ribu Poundsterling. Beruntung, biaya yang sangat mahal ini dibantu oleh Sick Kids Friends Foundation. Kepala Eksekutif dari yayasan amal ini, Rosyln Neely berkata jika biaya ini sengaja dikeluarkan demi membantu Anya mendapatkan kembali kepercayaan dirinya dan bisa menikmati hidup layaknya anak-anak lainnya. Ia pun berharap agar apa yang dilakukan oleh Stewart dan timnya bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak lain yang mengalami kasus gangguan pendengaran di masa depan.