Terkuak, Ini Penyebab Wanita Mudah Marah Saat PMS

DokterSehat.Com– Fase pra-menstruasi atau PMS adalah fase yang paling menyebalkan bagi wanita sekaligus bagi orang-orang di sekitarnya. Bagaimana tidak, di fase inilah kaum hawa akan merasakan sensasi tidak nyaman di sekujur tubuh, termasuk kram perut yang bisa membuat mereka tidak ingin melakukan aktifitas apapun. Tak hanya itu, di fase ini pulalah banyak wanita yang cenderung mudah marah, mudah tersinggung, lebih sensitif, dan mudah menangis.

doktesehat-mens-haid-sakit-perut

Memang, tubuh yang terasa tidak karuan bisa menyebabkan wanita cenderung mudah mengalami berbagai emosi negatif tersebut. Namun, sebuah penelitian terbaru justru mengungkapkan bahwa ada penyebab lain yang memicu wanita cenderung mudah marah saat PMS, penyebab tersebut adalah kurangnya asupan vitamin D.

Vitamin D adalah salah satu vitamin yang paling dibutuhkan oleh tubuh manusia. Dengan mendapatkan asupan vitamin ini dengan cukup, maka proses pembentukan berbagai jenis hormon di dalam tubuh akan berjalan dengan lancar. Tak hanya itu, kadar vitamin D yang cukup akan membuat kita mencegah depresi dengan lebih baik. Hal ini berarti, jika wanita mengalami kekurangan asupan vitamin D, khususnya saat sedang menjelang fase menstruasi, maka kesehatan mentalnya tidak dalam kondisi yang baik sehingga akan lebih mudah terkena berbagai emosi negatif.

Yang menjadi masalah adalah, pakar kesehatan menyebut 1 miliar orang di seluruh dunia cenderung masih kekurangan asupan vitamin D harian sehingga cukup rentan untuk terkena berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah kesehatan mental.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang wanita harus memastikan diri mendapatkan asupan vitamin D yang cukup setiap hari, khususnya pada saat fase PMS agar bisa mendapatkan suasana hati yang lebih baik, badan yang lebih bugar, dan tidak mudah marah. Untuk mendapatkannya, mereka bisa minum susu, mengkonsumsi ikan laut, kuning telur, daging, dan makanan lainnya. Selain itu, sering-seringlah menikmati sinar matahari pagi yang hangat, menenangkan, dan kaya akan vitamin D.